Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jan 2018 11:42 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Cara Baru Menikmati Bandung: Naik Sepeda 'Boseh'

A. Afandi
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Sepeda jenis city Bike disediakan oleh Pemerintah Kota Bandung, merupakan kerjasama dengan Banopolis.
Sepeda jenis city Bike disediakan oleh Pemerintah Kota Bandung, merupakan kerjasama dengan Banopolis.
detikTravel Community - Suasana Bandung yang sejuk dan pemandangan alam yang cantik memang juara. Bisa berkeliling kota dengan menggunakan sepeda bikin Bandung makin dicinta.

City bike atau sepeda kota merupakan cara Bandung untuk mengurangi kemacetan. Sepeda ini disediakan oleh Pemerintah Kota Bandung. Bagaimana cara menikmatinya?

Tersedia di 30 titik strategis di Bandung. Di titik ini, akan ada plang yang memudahkan pesepeda untuk berkeliling. Beberapa titik tersebut ada di Alun-alun sisi utara dan selatan, stasiun KA, Rektorat ITB dan Masjid Cipaganti.

Selain itu terdapat juga titik strategis lainnya. tersedia pula Booth yang mrenyediakan registrasi kartu pengguna dari Nge-Boseh ini. Booth tersedia di alun alun, taman Cibeunying, Pos dan Giro dan Masjid Cipaganti.

Sepeda yang dipinjamkan berwarna biru. Anak-anak juga bisa digunakan oleh anak-anak sampai orang dewasa. Caranya mudah, kita hanya perlu mengatur ulang saddle atau tempat duduk sepeda sesuai dengan tinggi badan.

City Bike ini masih dalam proses uji coba, kita bisa mencobanya dengan free alias gratis. Caranya, traveler tinggal registrasi dengan menjaminkan Kartu tanda pengenal, kemudian tulis nomor telpon. Setelah itu, traveler bisa menikmati city bike sambil berkeliling kota.

Bisalah kita mencobanya untuk berkeliling. Setelah mencoba berkeliling dengan sepeda ini, ternyata kualitas sepeda yang disediakan cukup menarik dan berkualitas. Terdapat tiga gigi kombinasi yang memudahkan gowesser ketika di medan tanjakan. sehingga menjadikan semakin asyik untuk menikmati kota.

Apalagi menelusuri gang-gang kecil yang ada di sepanjang Kota Bandung. Sistem transportasi ini merupakan hasil kerjasama antara Banopolis dan Pemkot Bandung.

Banopolis merupakan konsultan transportasi yang fokus pada non-motorized transportation, sebuah perusahaan yang dirintis oleh 8 orang youth people yang berasal dari disiplin ilmu.

Boseh sendiri mulai dikembangkan di Bandung sejak Juli 2017. Boseh sendiri ternyata sebuah singkatan Bike On The Street Everybody Happy.

Menurut Teh Ketty, "Untuk memanfaatkannya kita mesti registrasi terlebih dahulu dan nantinya kita akan mendapat smart card yang tinggal tap saja pada titik - titik yang menyediakan Boseh ini,"

Selanjutnya, Ketty menyebutkan "Pemakaian per jam akan dikenakan sekitar Rp 1.000,- dan kartu tersebut nantinya bisa di -top up ketika simpanan money-nya telah habis,"

Waktu-waktu tertentu menjadi ideal untuk memanfaatkan Boseh ini. utamanya di pagi hari apalagi di hari libur, karena dimungkinkan jumlah kendaraan bermotor tidaklah terlalu banyak, atau pada area-area tertentu, seperti taman tertentu yang relatif sepi dan rindang.

Di sore atau malam hari juga tak kalah serunya. Asyik sepertinya menikmati kota dengan Nge-BOSEH. Cara lain, non mainstream, ngetrips. asyik juga sepertinya, menikmati modernitas kota. Coba Yuk, Nge-BOSEH di Bandung.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED