Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jan 2018 15:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Surga Tersembunyi di Pemalang

Priyo
d'travelers
Foto 2 dari 5
Jalur  menuju air terjun
Jalur menuju air terjun
detikTravel Community - Kota Pemalang memiliki alam cantik yang jarang dilirik traveler. Salah satunya Curug Dhuwur, air terjun cantik dengan pemandangan sekitar nan eksotis.

Curug Dhuwur merupakan air terjun yang belum banyak diketahui banyak orang. Meskipun lokasinya paling dekat dengan Kota Pemalang dibanding air terjun lainnya. Salah satu faktorrnya adalah akses.

Curug Dhuwur berada di Desa Wanarata, Kecamatan Bantar Bolang, Kabupaten Pemalang. Sebuah air terjun yang lokasinya berada paling utara dan paling dekat aksesnya dari Kota Pamalang dibanding air terjun lainnya. Namun akses untuk menuju ke Curug Dhuwur merupakan yang paling susah karena jalan aspal yang rusak dan berbatu akan ditemui sepanjang kurang lebih 2 Km sebelum pemberhentian terakhir.

Tempat potensial pariwisata ini belum dikelola dengan baik, sehingga untuk menuju lokasi tidak ditemukan loket karcis ataupun tempat parkir yang diolah resmi. Kendaraan pengunjung dititipkan di halaman rumah warga. Setelah menitipkan kendaraan, kita harus menempuh perjalanan tracking sekitar setengah jam menuju Curug Dhuwur, melewati halaman sawah yang luas dan hutan pinus serta melipir punggung bukit.

Harap berhati-hati saat berjalan karena di beberapa titik ada bibir jurang yang cukup dalam. Menjelang sampai di lokasi  air terjun kita juga harus menuruni jalan yang cukup terjal dan licin jika hujan. Untuk itu jangan sampai terlena dengan keindahan yang ada dan tetap berhati-hati.

Jika diakses dari Kota Pemalang kurang lebih menempuh waktu 30 menit. Selama perjalanan akan disuguhi pemandangan khas daerah Pemalang Selatan seperti hutan mati (jati meranggas), persawahan hijau, dan kokohnya Gunung Slamet Tempat yang tersembunyi dengan akses yang cukup menantang saya rasa menjadi nilai lebih Curug Dhuwur.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED