Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Des 2017 10:18 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Telaga Dringo, 'Ranu Kumbolo' di Jawa Tengah

Akbar Priyono
d'travelers
Foto 1 dari 5
Telaga Dringo yang mirip Ranu Kumbolo
Telaga Dringo yang mirip Ranu Kumbolo
detikTravel Community - Siapa yang tak terkesan dengan keidnahan Ranu Kumbolo di Semeru. Tak banyak yang tahu, kalau ada sebuah telaga di Banjarnegara yang mirip Ranu Kumbolo.

Telaga Dringo merupakan salah satu telaga tertinggi di Jawa Tengah, lokasinya di perbatasan Kabupaten Batang dan Banjarnegara di kawasan pegunungan Dieng. Lokasinya yang tersembunyi menjadikannya kurang diketahui banyak orang, padahal pemandangannya amat eksotis. Telaga ini berada di ketinggian lebih dari 2000 meter.

Akses yang minim seperti jalan yang rusak dan terjal membuat orang yang ingin berkunjung berpikir dua kali. Namun demikian keadaan inilah yang membuat Telaga ini cukup terjaga dan asri.

Untuk mencapai telaga ada beberapa alternatif jalur baik dari Banjarnegara ataupun Batang. Di tulisan ini kita bahas Jalur Batang. Dari Kota Batang kita menuju arah selatan mengikuti jalur Batang-Banjarnegara selama 1,5 jam hingga menuju Desa Pekasiran Kecamatan Batur wilayah Banjarnegara.

Jalur menuju lokasi cukup menantang adrenalin, selain jalan rusak juga di kanan kiri jalan terdapat jurang yang cukup dalam. Dua kilo sebelum Telaga Dringo kita akan melewati tanjakan-tanjakan berbatu dan jalan yang sempit, untuk bisa sampai ke lokasi langsung disarankan menggunakan roda dua.

Meski demikian selama perjalanan kita akan melihat panorama ala Dieng yang menawan, serta ladang-ladang petani dengan tanaman sayurnya.

Sesampainya di lokasi, kita akan melihat pemandangan telaga yang sangat indah. Di sekitar telaga juga terdapat bukit-bukit yang bisa dinaiki untuk melihat telaga dari ketinggian. Di sini juga tersedia tanah lapang untuk berkemah, tetapi harus memilih lokasi yang tepat agar tidak merusak keasrian telaga nantinya.

Telaga Dringo sering disebut Ranu Kumbolo KW karena topografinya mirip dengan Ranu Kumbolo.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED