Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Jan 2018 13:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bisa Banget, Wisata Gratis Bareng Anak di Singapura

Jurnalis Jh
detikTravel Community
Foto 1 dari 4
Children Garden
Children Garden
detikTravel Community - Singapura tidak melulu mahal. Ada sejumlah destinasi wisata ramah anak yang bisa dikunjungi secara cuma-cuma.

Singapura dikenal sebagai negara paling berpengaruh dalam perekonomian di Asia Tenggara, hampir semua sektor ekonomi dimiliki oleh Singapura yang membuat negara lain menjadikan Singapura kiblat perekonomian di ASEAN.

Tingginya tingkat ekonomi di Singapura, kebiasaan akan menjadikan waktu berkumpul antara anggota keluarga jadi terkorbankan karena banyaknya lembur.

Banyak juga karyawan yang tidak memiliki banyak waktu berkumpul dengan keluarga. Lazimnya kehidupan di kota besar, hari Sabtu dan Minggu adalah waktu favorit warga Singapura untuk bisa bermain dengan anak-anak.

Singapura menyediakan banyak tempat yang bisa dikunjungi, baik untuk WN Singapura, apalagi untuk wisatawan. Berbagai atraksi ditampilkan untuk untuk segala umur, bahkan ada tempat-tempat yang dikhususkan untuk anak-anak, baik yang berbayar maupun yang gratis.

Saya suka membawa anak saya mengunjungi berbagai tempat bermain anak yang gratis. Selain untuk menghindari membayar tiket mahal, tempat bermain yang gratis lebih banyak menyuguhkan informasi dan pendidikan dibandingkan tempat hiburan anak yang berbayar yang rata-rata memang untuk bermain dan berlibur.

Banyak tempat bermain khusus anak yang dapat dikunjungi di Singapura, tempat yang paling ramai dikunjungi adalah Jacob Ballas Children's Garden.

Tempat bermain ini punya cara masuk yang unik. Anak-anak boleh masuk bila ada orangtua yang mendampingi, demikian juga sebaliknya orang dewasa pun hanya boleh masuk untuk mendampingi anak bermain.

Jadi taman ini memang diperuntukkan untuk anak-anak bermain. Anak-anak bisa bermain di rumah pohon, taman bermain air dan jembatan gantung serta permainan interaktif untuk pendidikan seperti taman edukatif yang menggambarkan proses terjadinya fotosintesis.

Taman ini juga sangat friendly untuk bayi, karena terdapat jalan untuk kereta bayi (stroller). Untuk dapat berkunjung kemari, patokannya bisa dilihat pada peta Botanic Garden, terdapat stasiun MRT untuk mempermudahnya.

Taman lainnya yang tengah populer sekarang adalah Garden by The Bay. Taman luas di belakang 3 menara Marina Bay Sands ini memiliki Far East Organizations Children Garden yang terletak dekat dome yang mempersilahkan anak-anak bermain air dengan gratis sementara para orang tua dapat beristirahat di amphiteater yang tersedia.

Bukan hanya itu, di balik rimbunnya pepohonan di sekitar taman air mancur ini ada banyak tantangan yang terhubung dengan jalan setapak seperti balok titian dan jaring laba-laba yang dapat melatih motorik dan fisik anak.

Ada juga rumah pohon di akhir jalan setapak. Taman ini buka hingga pukul 19.00 malam di hari biasa dan pukul 21.00 malam di akhir pekan. Untuk mencapai tempat ini, kita bisa naik MRT ke stasiun Bayfront dan mengikuti petunjuk arah menuju Gardens By The Bay dari sana.

Selain taman-taman bermain di atas, masih banyak taman bermain di setiap apartemen dan mall di Singapura yang memang disediakan untuk tempat berkumpul keluarga, semuanya gratis tapi sangat aman dan nyaman.

Tempat bermain anak tidak hanya berbentuk taman, tapi juga terdapat tempat edukasi yang mengajarkan kepada anak ilmu dan pengetahuan secara easywatching.

Contohnya Public Library, perpustakaan umum negara ini memiliki slot bermain anak-anak yang dalam waktu tertentu memiliki jadwal kegiatan khusus anak seperti mewarnai, storytelling, menyanyi dan pertunjukan drama.

Tempat bermain penuh pengetahuan pun ada di Art Science Museum. Museum ini sebenarnya tidak gratis, untuk dewasa harus membayar $10 dan anak-anak $5.

Namun khusus hari Jumat, anak-anak bisa mengunjungi museum ini gratis. Art Science Museum memiliki pameran yang berubah-ubah secara periodik dan pasti akan membuat kita kembali mengunjungi museum ini.

Jadi jika wisatawan merencanakan kunjungan ke Singapura, jangan lupa memeriksa program yang sedang berlangsung dan menyempatkan diri mampir ke museum ini pada hari Jumat agar lebih hemat. Untuk mencapai museum ini kita bisa naik MRT ke Marina Bay Sands.

Di Pulau Sentosa yang menjadi destinasi favorit wisatawan Indonesia pun punya tempat gratis untuk anak-anak. Caranya dengan menaiki Train Sentosa (hanya $3) ke Stasiun Siloso. Kita bisa menaiki kereta shuttle di sana gratis berkeliling Pulau Sentosa dan menikmati pantai yang juga gratis tanpa menyewa resort.

Banyak tempat menarik di Singapura yang gratis dan dapat dikunjungi. Singapura meski terkenal dengan serba mahalnya kebutuhan baik produk maupun jasa juga gampang ditemui tempat-tempat gratis yang dapat dikunjungi.

Segala tentang Singapura memang mudah sekali kita temukan informasinya di internet. Sehingga kita bisa mengestimasi berapa pengeluaran kita sehari-hari atau saat ingin berwisata.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED