Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Jan 2018 23:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Perjalanan ke Tanjung Puting, Bertemu Orangutan

Gusti Imansyah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Perjalanan naik perahu klotok
Perjalanan naik perahu klotok
detikTravel Community - Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah adalah 'rumahnya' orangutan. Perjalanan ke sana sungguh mengesankan!

Tanjung Puting National Park adalah Suaka Alam dan Suaka Marga Satwa dengan luaa kurang lebih 415.000 Ha di dalam terdapat hutan tropis yang masih utuh. Banyak tumbuhan dan hewan yang hidup di dalamnya. Taman ini tadinya semula sejak tahun 1971 sebagai wilayah konservasi dan penelitian.

Beberapa tahun kemudian dan saat ini juga menjadi destinasi wisata yang menarik khususnya wisatawan dari Mancanegara. Setiap tahun wisatawan mancanegara yang datang ke Destinasi Puting Ini berkisar 10.000-15.000 orang.

Destinasi Wisata Tanjung Puting berada di kabupaten Kotawaringin Barat Propinsi kalimantan Tengah. Untuk menuju ke destinasi ini sangat mudah dari mana saja. Karena darri Pangkalan Bun langsung dapat menuju ke Kecamatan Kumai di mana destinasi berada.

Untuk ke Kota Pangkalan B wisatawan dapat melalui semua jalur darat, laut dan Udara. Dari Udara ada penerbangan dari dan ke kota Pangkalan bun seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin penerbangan setiap hari.

Wisatawan dapat menikmati sensasi wisata yang mengesankan, karena untuk menuju destinasi wisata Taman Nasional Tanjung Puting wisatawan terlebih dahulu naik klotok wisata, klotok wisata ini semacam kapal yang di desain seperti hotel di dalam nya ada tempat tidur, ada wc, warung makan, sehingga wisatawan menikmati perjalanan sembari menikmati makanan dan menyaksikan indahnya alam hutan tropis yang ada.

Yang menarik wisatawan adalah hewan langka di alam liar tetapi sangat bersahabat namanya orangutan. Hewan ini adanya di kalimantan dan tempatnya yang menarik untuk dikunjungi ada di taman Nasional Tanjung Puting. untuk kempat ini tidak mahal hanya dengan R.300.000-450.000 full day dari pagi pukul 06.00 - 19.00. Itu sudah termasuk makan 1 kali, dengan snack, air mineral, tiket masuk, tapi harga ini tentu dengan rombongan 20-30 orang kalau sendiri atau hanya beberapa orang tentu beda.

Harga juga sudah termasuk jemputan dari hotel atau tempat tingggal. Biasanya kalau ke tempat ini paling tidak satu minggu sebelumnya sudah pesan karena untuk mendapatkan klotok wisatanya, biasanya klotok wisata sudah banyak pesanan apalagi bulan tertentu akan bertasing dengan wisatawan manca negara.

Selain itu, di Pangakalan Bun ada destinasi pantai Kubu, Teluk Bogam, Pantai Tanjung Keluang, istana kerajaan ada di Koawaringin ada di Pangkalan Bun, kampung pelangi, kampung Suku Dayak yang masih asli dengan segala kebudayaannya. Boleh mencoba berwisata ke Destinasi Tanjung Puting National Park.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA