Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 17 Mar 2018 08:38 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Di Sini Tempat Mengenal Sang Proklamator

Rizki Ramadan
d'travelers
Foto 3 dari 5
Museum berisi bermacam koleksi foto, lukisan, buku dan sejarah kehidupan Bung Karno
Museum berisi bermacam koleksi foto, lukisan, buku dan sejarah kehidupan Bung Karno
detikTravel Community - Jika berkunjung ke Blitar jangan lupa ke Komplek Makam Bung Karno. Selain ziarah, juga bisa belajar sejarah dari sosok Bung Karno.

Komplek Makam Bung Karno terletak di Jalan Ir. Soekarno No.152 Kota Blitar. Cukup mudah  untuk menemukan tempat yang terkenal di kota yang mendapat julukan Bumi Bung Karno. Wisatawan dapat menggunakan informasi penunjuk jalan yang tersedia untuk menuju ke lokasi berada.

Berkunjung ke komplek makam Bung Karno, selain berziarah, wisatawan juga dapat berkunjung ke area museum yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain banyak informasi sejarah yang bisa kita gali di dalam museum, wisatawan pun dapat berkunjung ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang letaknya bersebelahan dengan area museum.

Di tengah antara dua gedung ini, terdapat patung Bung Karno yang sedang duduk di atas kursi dengan memegang sebuah buku. Patung yang berwarna cokelat keemasan ini lantas menjadi satu karya yang dinikmati wisatawan sebelum masuk ke dalam museum ataupun perpustakaan. Patung tersebut jelas memberikan deskripsi betapa kuatnya karakter dan kepribadian Bapak Bangsa Indonesia yang banyak dikagumi rakyatnya hingga sekarang ini. Setelan jas, memakai peci dan sepatu kulit yang tampak necis. Dengan lakon sedang membaca buku menggambarkan betapa cerdas dan bijaksana Bung Karno di masa kehidupannya.

Tak heran, wisatawan yang berkunjung banyak mengabadikan foto di depan patung tersebut. Memasuki area museum, wisatawan dapat menyaksikan koleksi gambar maupun lukisan, barang-barang pribadi seperti jas, koper yang sering digunakan, keris dan koleksi buku, serta informasi riwayat Bung Karno semasa hidupnya terutama paska kemerdekaan Indonesia dengan foto dokumentasi melengkapi informasi yang tersaji.

Ada pula lukisan pendiri bangsa Indonesia lainnya dan replikas Burung Garuda. Sementara di area perpustakaan, koleksi yang dapat dinikmati pengunjung diantaranya koleksi memorabilia, koleksi khusus Bung Karno, koleksi buku langka, dan juga ampitheatre yang menarik untuk dikunjungi saat berwisata kesana.

Berlanjut ke area makam, wisatawan dapat mengisi buku tamu di pos layanan pengunjung. Pada bagian depan, bangunan menjulang berpola candi menjadi gerbang yang dilalui untuk masuk ke bagian dalam makam. Sampailah di area pelataran yang cukup lapang. Tepat pada tengahnya, sebuah bangunan seperti pendopo. Disana para pengunjung duduk mengitari pusara sembari melantunkan doa-doa untuk Sang Proklamator Indonesia. Jadi kalau kalian ke Blitar, yuk berkunjung ke Komplek Makam Bung Karno. Seru loh!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA