Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Jul 2018 11:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Serba-serbi Keindahan Danau Toba

Foto 1 dari 5
Pemandangan danau toba dari penginapan di daerah Tuk Tuk
Pemandangan danau toba dari penginapan di daerah Tuk Tuk
detikTravel Community - Danau Toba memang akan menghipnotis siapapun yang datang. Suasana dan pemandangan yang menawan membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Liburan lebaran kali ini kami berkesempatan mengunjungi Pulau Samosir. Keindahannya yang menenangkan tak mungkin dapat dilupakan meskipun banyak tempat wisata kekinian lainnya. Kami berangkat dengan transportasi umum bus dan kapal wisata. Kami menyewa tempat penginapan di daerah Tuk Tuk. Perjalanan kami dimulai menuju Pantai Pasir Putih Parbaba - Tanah Ponggol - Pemandian Air Panas Aek Renggat, Pangururan - Tomok.

Liburan lebaran kali ini saya mengunjungi Pulau Samosir dan daerah sekitarnya. Untuk mencapai daerah tersebut, anda bisa menggunakan bus transportasi umum dengan tarif Rp 40.000 hingga Kota Parapat kemudian menggunakan perahu wisata dari pelabuhan Tigaraja dengan tarif Rp 15.000. Anda bisa menyewa penginapan di sekitar daerah wisata Tuk Tuk, Samosir.


Beragam penginapan yang bisa anda pilih sesuai kondisi keuangan anda dengan tarif mulai Rp 100 ribu per malam. Dari penginapan, anda bisa menyewa sepeda motor dengan tarif sekitar Rp 75 ribu -Rp100 ribu
 per hari (termasuk bensin) dengan memberikan jaminan KTP kepada penyewa sepeda motor. Dari Tuk Tuk, anda bisa melakukan perjalanan ke Huta Sialagan selama 10 menit dan menyaksikan sejarah hukum di tanah batak.

Kemudian dilanjutkan menuju Pantai Pasir Putih Parbaba dengan jarak tempuh selama 40 menit. Di tempat ini, anda bisa melihat hamparan pasir putih seperti layaknya pantai di laut, cangkang kerang di sepanjang pinggir pantai, wisata banana boat dan berenang tanpa harus takut mata perih. Tarif yang dikenakan Rp5.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp 3.000. Perjalanan dilanjutkan selama 20 menit dari Pasir Putih Parbaba menuju Pemandian Air Panas Aek Renggat Pangururan.

Namun sebelumnya anda akan melalui Tanah Ponggol yaitu sebuah jalan darat yang menghubungkan Pulau Samosir dan Pulau Sumatera. Di tempat ini anda bisa melihat perahu yang melewati Tanah Ponggol ini. Konon tempat seperti ini hanya ada 2 di dunia, salah satunya di Indonesia. Sesampai di Aek Renggat, Pangururan anda bisa memilih tempat pemandian air panas yang anda inginkan.namun sebelum masuk ke daerah tersebut anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Ini merupakan tarif retribusi resmi untuk daerah setempat.  

Di Aek Renggat, kami memilih tempat pemandian air panas dengan posisi paling tinggi. Karena di tempat ini anda bisa melihat keindahan Tanah Belerang Pusuk Buhit yang berpadu dengan keindahan danau toba. Tarif pemandian air panas sebesar Rp10.000/ orang. Kemudian dari daerah Pangururan kami melanjutkan perjalanan kami ke Tomok untuk menikmati Pertunjukan Sigale gale dan ramainya pasar tradisional Tomok yang menjual oleh-oleh khas Pulau Samosir.

Waktu perjalanan dari Pangururan ke Tomok selama 1jam 20 menit. Selama di perjalanan, kami berhenti sejenak untuk mengambil beberapa foto yang menarik karena memang pemandangannya sungguh indah dan menenangkan. Meskipun terkesan kuno, Danau Toba tetaplah kepingan surga yang dapat menjadi destinasi wisata yang menarik dan kekinian bagi anda.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED