Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Sep 2018 11:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ada Lagi, Ini Raja Ampat dari Donggala

Situr Wijaya
d'travelers
Foto 1 dari 5
Hutan mangrove di Donggala
Hutan mangrove di Donggala
detikTravel Community - Akhir pekan kali ini Anda masih bingung mau berkunjung kemana? Donggala punya kembarannya Raja Ampat lho.

Ada objek wisata alami yang belum banyak dikenal, lokasinya di Desa Tosale, Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala. Adalah wisata mangrove berbaris rapi terpisah pisah mirip sebaran titik pulau-pulau kecil di Raja Ampat Papua.

Destinasi ini disebut-sebut Raja Ampatnya Donggala. Lokasinya sekitar 80 kilometer dari Kota Palu, Sulawesi Tengah yang melintasi jalur Trans Sulawesi Poros Palu Mamuju.

Setelah tiba di Desa Tosale sebelum jembatan ditikungan belok kekiri. Tetapi pengunjung belum bisa membawa mobil atau motor ke lokasi yang dimaksud itu lantaran jalurnya masih berupa tanah dan bebatuan yang menanjak sekitar 200 meter dari Jalaur Trans Sulawesi. Setelah tiba pengunjung bisa memanjat tower sekira 80 meter untuk menikmati pemandangan alam mangrove bagaikan pulau-pulau Raja Ampat di Palua.

Meski lumayan jauh dari Kota Palu, sepanjang perjalanan menuju lokasi, kita akan disuguhi eksotisme alam pegunungan dan pantai yang begitu menyegarkan jiwa. Bahkan, dari salah satu titik, kita juga bisa melihat keindahan terumbu karang dalam laut dari ketinggian, tempat dibangunnya puluhan bagang ikan para nelayan desa setempat.

Salah satu warga yang pernah ke lokasi, Fiky, mengatakan memang cocok Donggala menjadi destinasi Wisata. Karena memang banyak potensi yang tersebar, contohnya pohon mangrove di Tosale perbatasan Lembasa.

Jika dikelolah dengan baik akan menarik banyak minat pengunjung. Di Instagram, destinasi ini sudah memukau yang melihatnya. Wisata mangrove lain yang ada di Donggala adalah Hutan Mangrove di Kelurahan Kabonga Besar, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala. Kini di lokasi ini sudah menjadi lokasi strategis dan banyak dikunjungi warga. Wisata yang digagas oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Donggala dan Media Sulteng Raya biro Donggala itu kini jadi magnet wisata, bukan hanya warga lokal tapi juga warga luar. Kita yang gagas bersama-sama lalu.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA