Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Jul 2018 10:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Santai di Sungai Batang Anai

Tommy Bernadus
d'travelers
Foto 1 dari 5
Sungai Batang Anai
Sungai Batang Anai
detikTravel Community - Tak ada yang lebih enak selain menghabiskan Sabtu dengan bersantai. Kalau kamu ada di Sumatera Barat, santai di Sungai Batang Anai bisa jadi pilihan.


Saya dalam perjalanan dari Kota Padang, Sumatera Barat, menuju ke Sumatera Utara dalam rangka roadtrip selama sepekan di Sumatera bersama teman saya. Kami menurut rencana perjalanan akan melewati Pariaman.

Hari itu masih siang ketika kami sudah hampir keluar dari Padang. Dalam perjalanan kami tersebut, kami melintasi sebuah jembatan. Jembatan ini melintasi sebuah sungai. Karena sungai ini kami lihat bagus dan sudah tertata rapi, kami akhirnya berbelok.

Ada sebuah jalan tidak terlalu lebar setelah melintasi jembatan dari arah kota Padang. Jalan ini sudah dicor dan tidak rusak. Ketika masuk, di sebelah kanan sudah terlihat dengan jelas ada sebuah logo dari Kementrian PUPR dan tulisan besar Batang Anai.

Oh, ternyata sungai ini adalah Batang Anai namanya. Jujur saja, sungai ini sangat bersih dan airnya tidak coklat atau bahkan hitam berbau. Langsung muncul dalam pikiran saya, kok sungai ini belum tergarap dengan baik untuk wisata ya?

Di sebelah sungai sudah ada jalan inspeksi. Tepi sungai juga sudah ada seperti turap. Sayang sekali ini tidak digarap dengan baik. Ketika saya melihat ke sungai, ada bebek-bebekan, seperti yang bisa kita temui di Danau Sunter atau wisata air lainnya.

Saya lihat hanya ada tiga bebek-bebekan. Satu sedang beroperasi dan yang duanya lagi sedang parkir. Dari jalan inspeksi turun ke pinggir sungai ini hanya berbekal tangga dan dermaga kayu. Seadanya saja.

Ketika bertanya kepada seorang pria yang menjadi penjaga (atau pengusaha) wahana permainan atau wisata air ini, sewanya hanya Rp 5.000. Karena sudah cukup lelah, saya tidak menyewanya. Murah banget sebenarnya.

Sungai ini sangat lebar. Mungkin lebih dari 100 meter lebarnya. Saya tidak bawa alat ukurnya. Selain lebar, dari jembatan mengarah ke laut, sungainya juga cukup panjang. Saya tidak berlama-lama di Sungai Batang Anai ini. Harus melanjutkan perjalanan.

Sekali lagi, sayang sekali Sungai Batang Anai yang bisa menjadi potensi wisata ini belum tergarap. Semoga ada investor yang melirik.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA