Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Jul 2018 11:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai di Jakarta yang Dihuni Ratusan Bintang Laut

rizka nidy
d'travelers
Foto 1 dari 5
Ada ratusan bintang laut terjebak di pantai ini
Ada ratusan bintang laut terjebak di pantai ini
detikTravel Community - Akhirnya, cuaca di ibukota kembali cerah dan stabil. Saatnya untuk berlibur ke pantai. Sebentar, memangnya ada pantai di Jakarta?

DKI Jakarta punya Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, di mana ada banyak pulau-pulau kecil yang terbentang dan tentunya nggak kalah cantik dengan pulau-pulau yang ada di provinsi lain. Salah satunya adalah Pulau Pari.

Pulau yang memiliki luas sekitar 41,32 ha ini, dapat ditempuh selama dua jam perjalanan dengan kapal kayu tradisional dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke. Bisa juga dengan naik kapal cepat dari Marina Ancol selama satu jam.

Apa yang membuat pulau ini begitu istimewa? Para wisatawan yang datang ke Pulau Pari biasanya memadati Pantai Pasir Perawan, yang terkenal dengan pasir pantainya yang berwarna putih dan masih bersih. Ditambah air laut yang memiliki gradasi warna hijau toska. Namun tahukah kamu bahwa Pulau Pari nggak hanya memiliki Pantai Pasir Perawan saja?

Berjalan ke arah barat pulau, ada satu pantai yang masih sepi pengunjung, yaitu Pantai Bintang. Pantai ini dinamakan demikian karena ada ratusan bintang laut yang terdampar di pantai ini. Datang saja saat pagi hari atau ketika air laut sedang surut, maka kamu akan takjub melihat bintang laut yang ada di sini.

Bintang laut yang ada di sini berwarna putih dan cokelat. Hal ini membuatnya terlihat samar saat sedang berada di pasir pantai. Untuk itu, saat berjalan menyusuri pantai harus ekstra hati-hati. Kalau tidak, kamu akan tidak sengaja menginjak bintang laut yang ada di sana. Terkadang mereka juga bersembunyi di dalam pasir untuk melindungi dirinya.

Jika datang ke Pantai Bintang, usahakan untuk tidak bersentuhan dengan bintang laut, apalagi memegangnya di atas permukaan air. Bintang laut juga bisa stres apabila merasa terancam. Bahkan tidak jarang mereka langsung mati begitu diangkat ke permukaan air. Karena bintang laut bernapas dengan menggunakan papula, yang membuatnya tidak bisa langsung menghirup udara langsung.

Tiket masuk ke Pantai Bintang hanya Rp. 2,500 per orang. Dengan biaya yang terbilang relatif murah ini, pengunjung bisa menikmati semua fasilitas yang ada di Pantai Bintang, seperti hammock dan ayunan. Letaknya cukup jauh dari perumahan warga, sebaiknya sewa sepeda saja untuk datang ke pantai ini. Biaya penyewaan sepeda di Pulau Pari hanya Rp. 20,000/24jam.

Di sepanjang pantai ini juga ada banyak pohon bakau yang sangat berguna untuk mencegah abrasi dan memecah ombak besar. Spot ini bisa kamu jadikan untuk swafoto. Daripada selfie dengan bintang laut, kenapa tidak mencari spot-spot seru lain untuk dipamerkan ke social media, kan? Selamat berlibur!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED