Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Sep 2018 10:56 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Hanya di Solo, Nonton Wayang Orang Tiketnya Cuma Rp 5.000

Apriani Alva
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community - Akhir pekan di Solo, nikmatilah pertunjukan Wayang Orang di kawasan Sriwedari. Sembari melestarikan budaya Jawa, harga tiketnya murah banget lho. Cuma Rp 5.000!

Wisata Indonesia tak pernah habis untuk dijelajahi. Jadi jangan diam saja di rumah. Bagi kamu yang bosan dengan hiruk pikuk perkotaan dengan sajian hiburan kekinian atau sedang tak nafsu nonton bioskop gara-gara filmnya itu-itu saja, sepertinya perlu merasakan jenis liburan baru. Yuk, ke Kota Solo yang kental dengan budaya Jawa.

Selain dikenal dengan tempat wisata yang beragam sekaligus kuliner yang memanjakan lidah, kota asal Jokowi ini juga menyimpan banyak tempat wisata yang super lengkap. Ingin wisata alam, tinggal mengarahkan kemudi ke Tawangmangu untuk mencicipi teh racikan khas setempat di kawasan Kebun Teh Kemuning, sambil nikmatin langit yang merona jingga.

Bertandang ke Kota Solo, rasanya kurang lengkap jika tak melihat hiburan rakyat setempat. Sambil memberi dukungan pada pelestarian budaya, tak ada salahnya menikmati pertunjukan Wayang Wong di kawasan Sriwedari.

Dengan seting panggung dominan warna merah kuning dan sorotan lampu khas pertunjukan wayang, para penonton dihibur dengan berbagai lakon Wayang Orang. Namanya juga wayang orang, sudah pasti sepanjang pertunjukan pemerannya menggunakan bahasa Jawa.

Tapi tenang, meski kamu kurang mengerti bahasa Jawa, hiburan ini tak akan membosankan bahkan bisa membuat senyum merekah. Apalagi diiringi musik gamelan yang mendayu-dayu mengikuti setiap gerak-gerik para tokohnya. Celetukan Gareng bikin tertawa lepas.

Tak semahal harga tiket bioskop, menonton wayang orang tak membuat kantong tipis. Tiket masuk Wayang Wong Sriwedari sangat terjangkau yang terdiri dari tiga kategori.

Kelas 2 Rp 5.000 dengan lokasi duduk di lantai dua atau tribun, Kelas 1 Rp 7.500 dengan lokasi duduk di bagian tengah hingga belakang di lantai satu, dan terakhir tempat duduk VIP yang berlokasi tepat di depan panggung sederet dengan para pemian gamelan dan musik pengiring yang bisa dinikmati dengan tarif Rp 10.000.

Hiburan rakyat yang murah meriah, bukan? Oh ya, sebelum masuk ke venue, jangan lupa membeli kacang rebus dan minuman., agar suasana menonton wayang lebih terasa.

Pertunjukan wayang orang ini dimainkan setiap hari kecuali hari Minggu dengan judul yang berganti-ganti. Namun saat para pemain melakukan pertunjukan ke luar kota, siap-siap gigit jari. Agar tak menyesal ketika terlanjur datang, intip jadwal pertunjukannya di wesite Event Solo.

Lokasinya yang melewati jalan kecil dan sedikit membinggungkan bagi pendatang baru di Kota Solo. Sebaiknya gunakan bantuan Google Map dengan mengetik Gedung Wayang Wong Sriwedari Kota Solo yang berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi no 275, Surakarta.

Eits, jangan lupa untuk datang satu jam sebelumnya terutama pada hari Sabtu malam Minggu, karena biasanya seluruh kursi akan penuh sesak. Tak mau dong, sudah datang jauh-jauh tapi malah kehabisan tiket?

Pentas Wayang Wong dimulai pukul 20.00 WIB dan biasanya berakhir hampir tengah malam. Bagi kamu yang tak ingin pulang ke penginapan dengan jarak yang terlampau jauh, lebih baik memilih hotel yang berada di sekitar Sriwedari.

Saat kamu plesiran ke Solo, jangan hanya berburu kuliner saja. Yuk, nikmati pertunjukan Wayang Wong yang sekaligus mendukung pelestarian budaya Jawa. Jangan panik, yuk piknik!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED