Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Agu 2018 14:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Serunya Menyaksikan Parade Reog di Tanjung Enim

Ivonesuryani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Parade Kesenian Tari dan Reog.
Parade Kesenian Tari dan Reog.
detikTravel Community -

17 Agustus merupakan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Di Kecamatan Lawang Kidul, Sumatera Selatan, digelar dengan menampilkan Parade Reog dan Tari.

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Fasos menampilkan Parade Kesenian Tari dan Reog. Parade yang mengusung tema Tanjung Enim Bangkit ini digelar untuk membangkitkan budaya yang ada di Tanjung Enim, salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Lawang Kidul, Sumatra Selatan.

Parade Reog sendiri sudah pernah diadakan beberapa tahun lalu, namun tak semeriah event kali ini. Reog sudah menjadi bagian dalam setiap acara karena mayoritas penduduk Lawang Kidul memang keturunan Jawa.

Pada awal pertunjukan, ditampilkan kolaborasi 3 group reog, yaitu Reog Singo Budoyo Muara Harapan Trans, Reog Singo Watu Ireng Talang Jawa dan Reog Singo Mudo Bantar Angin.

Meski hujan sempat mengguyur namun warga tak sedikitpun beranjak dari tempatnya. Mereka sangat antusias menyaksikan penampilan reog dan tari-tarian.

Para penari reog menggunakan topeng berbentuk kepala singa yang di atasnya ditancapkan bulu-bulu merak menyerupai kipas raksasa dan topeng seberat 50-60 kg ini dibawa oleh penari dengan cara menggigitnya.

Acara yang digelar oleh Kecamatan Lawang Kidul dan didukung oleh PT Bukit Asam Tbk ini, selain menampilkan reog, juga menampilkan Tari Putri Saput Rumbai dan Tari Medley Pesona Nusantara yang melambangkan semangat pemuda pemudi Indonesia.

Acara ditutup dengan penampilan Ganongan dari Palembang, ini adalah salah satu tokoh dalam reog yang mempunyai karakter paling kocak. Hingga pas sekali untuk mengakhiri acara karena dapat memancing gelak tawa masyarakat.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA