Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Sep 2018 15:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Terbuai Kecantikan Amed di Akhir Pekan

Deby Kristianti
d'travelers
Foto 1 dari 5
Teluk Jemeluk dilihat dari atas jalan berbukit
Teluk Jemeluk dilihat dari atas jalan berbukit
detikTravel Community - Amed di Bali punya pemandangan bawah laut yang menawan. Siap-siap terbuai akan keindahan Amed jika menghabiskan libur akhir pekan di sini.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa ada begitu banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi di Pulau Bali sehingga membuat wisatawan berkali-kali datang kembali ke Bali. Salah satu tempat wisata yang menarik adalah tempat wisata bawah laut.

Wisatawan dapat melakukan snorkeling dan diving untuk menikmati indahnya alam bawah laut. Tempat wisata bawah laut yang cantik salah satunya adalah Amed, suatu daerah pesisir pantai di bagian timur Pulau Bali.

Perjalanan dari Bandara Ngurah Rai ke Amed dapat ditempuh dalam waktu 2,5-3 jam dengan jarak tempuh 98 km. Memang cukup jauh, tetapi kita tidak akan menyesal pergi jauh-jauh ke sana karena akan mendapatkan pengalaman yang sungguh luar biasa.

Jika pergi ke Amed untuk snorkeling, kita bisa mengunjungi Teluk Jemeluk. Sebuah teluk yang indah dengan warna airnya yang biru jernih dan koleksi terumbu karang serta ikan-ikannya yang cantik.

Teluk Jemeluk boleh dikatakan merupakan tempat snorkeling yang murah dan tempat snorkeling sepuasnya. Pantainya gratis, kita tidak perlu membayar biaya snorkeling, tidak perlu menyewa pemandu ataupun menyewa perahu jukung. Cukup menyewa peralatan snorkeling yang banyak disewakan oleh warung-warung di pinggir pantai.

Peralatan snorkeling seperti masker selam, selang snorkel, kaki katak, dan rompi pelampung disewakan dengan harga masing-masing Rp 20.000. Malah bisa snorkeling gratis jika kita membawa peralatan snorkel sendiri seperti saya dan keluarga.

Teluk Jemeluk cocok sebagai tempat snorkeling bagi pemula. Baru mencelupkan kepala ke dalam air saja kita sudah dapat bertemu ikan yang berenang di dasar laut berpasir atau berbatu maupun yang berenang melintas di laut yang biru. Letak terumbu karang pun sangat dekat dari bibir pantai.

Jadi cukup snorkeling tidak jauh dari pantai sudah dapat menyaksikan koleksi terumbu karang yang menakjubkan dan bertemu dengan berbagai jenis ikan dan spesies laut lainnya seperti ikan kakatua, ikan kepe-kepe (kupu-kupu), ikan belanak, belut laut, bintang laut, dll.

Daerah Amed yang berbukit-bukit dan bersebelahan dengan pantai memang merupakan daerah yang cukup jauh terpencil terpisah dari ramainya perkotaan. Justru daerah seperti itulah yang cocok sebagai tempat untuk bercengkrama dengan alam.

Walaupun demikian, tidak perlu khawatir akan akomodasi karena di sana sudah ada banyak sekali penginapan. Pengalaman saya dan keluarga pergi ke Amed sungguh sangat memuaskan dan tak terlupakan.

Rasanya ingin kembali lagi ke sana untuk menikmati pesona Teluk Jemeluk dan snorkeling lagi sepuasnya. Saya merasa bangga sebagai orang Indonesia melihat banyak wisatawan dari berbagai negara yang mengunjungi Teluk Jemeluk.

Wisatawan mancanegara saja sampai jauh-jauh pergi ke Teluk Jemeluk untuk menikmati pesona bawah lautnya, kita sebagai wisatawan lokal patut juga mengunjungi sekaligus mendukung industri pariwisata Indonesia.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED