Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Agu 2018 17:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Curug Tilu Leuwi Opat yang Segar di Bandung Barat

Yosefien
d'travelers
Foto 1 dari 5
Curug Aseupan
Curug Aseupan
detikTravel Community - Wisata alam yang murah dan seru di Bandung Barat, Curug Tilu Leuwi Opat tempatnya. Silakan main basah-basahan di sana.

Siapa bilang di Bandung sudah susah mencari wisata alam yang murah dan seru? Jika d'Traveler termasuk penggemar air terjun seperti saya, berkunjung ke Bandung bisa sambil mampir ke Curug Tilu Leuwi Opat, salah satu wisata curug di Lembang. Berdekatan dengan Dusun Bambu, tempat ini juga disediakan untuk kegiatan outbond serta kemping.

Hanya bermodal tiket masuk sebesar Rp 10.000, setelah memarkirkan kendaraan, pengunjung sudah bisa menantang diri melakukan trekking menuju air terjun. Bandingkan dengan jalan setapak seperti area tracking di Tahura (Taman Hutan Raya) Bandung yang sudah dipaving, kondisi jalan di area ini masih dibiarkan liar tidak terawat alias kita harus bergumul melewati undak-undakan, rumput-rumput liar, sesekali melewati sungai-sungai kecil, menyusuri jalanan berbatu hingga menyebrangi jembatan.

Sejatinya, terdapat 4 curug yang bisa kita nikmati di sepanjang perjalanan tracking kita yakni Curug Tilu, Curug Aseupan, Curug Citulang, dan Curug Cilaki. Hanya saja, karena satu dan lain hal saya masih belum berkesempatan mengunjungi Curug Cilaki yang memang lokasinya berada di paling ujung perjalanan trekking. Saya hanya berkesempatan mengunjungi tiga curug pertama.

Curug Aseupan, yang berarti kukusan tradisional berbentuk kerucut, merupakan curug yang pertama kali kami datangi; tempatnya berada di antara dua ngarai yang tinggi. Cukup sulit menjangkaunya karena kita harus menaiki tangga dan melewati tebing-tebing licin untuk bisa menjangkau curug ini dari dekat. Dengan debit air yang tinggi, dari posisi saya yang berada jauh di bawah curug, melihat ke langit bagaikan berada di hutan rimba, dengan matahari seakan bersembunyi di sela-sela pepohonan.

Curug Citulang juga merupakan salah satu curug yang tinggi, jika sudah sampai di curug ini, berarti kita lebih dekat lagi menuju Curug Tilu, sang obyek utama.

Tidak butuh waktu lama untuk sampai ke Curug Tilu dari curug Citulang, tapi jangan sampai kehabisan tenaga, karena kita masih butuh tenaga untuk seru-seruan, berenang, berburu foto cantik... Dan, tentunya kita masih harus tracking menuju pintu keluar saat pulang!

Penasaran ingin ke Curug Tilu Leuwi Opat di Bandung? Tidak perlu khawatir untuk urusan akomodasi, partner travel pegipegi.com siap membantu kita untuk mendapatkan berbagai jenis transportasi menuju Bandung. Belum lagi berbagai pilihan tempat menginap di daerah Bandung yang sesuai dengan selera kita. Hotel di Bandung, apalagi di Lembang memang banyak, tapi akan lebih mudah untuk menemukan penginapan yang pas sesuai selera kita dengan Pegipegi, liburan pasti lebih seru dan nyaman!

Sudah siap trekking bareng?

#Pegipegiyuk #JelajahiIndonesiamu @pegi_pegi
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED