Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Sep 2018 18:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai yang Cantik di Ujung Sulawesi Selatan

Wilda Hikmalia
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pussahelu yang tenang
Pussahelu yang tenang
detikTravel Community - Pernah dengar Pantai Pussahelu? Inilah pantai yang cantik di ujung Sulawesi Selatan.

Jika bertandang ke Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar dan mempunyai waktu panjang cobalah melipir sedikit agak ke selatan, ke Bulukumba. Di sana banyak pantai-pantai tersohor yang digadang-gadangkan sebagai primadona keindahan Wisata Indonesia dalam dunia bahari.

Satu diantaranya yang sudah sangat terkenal di telinga masyarakat adalah Tanjung Bira. Tak diragukan lagi Bira bak magnet keindahan Indonesia yang menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tapi siapa sangka dibalik keindahan Tanjung Bira yang sudah mendunia ada jajaran pantai lainnya yang belum banyak diketahui orang. Salah satunya adalah Pantai Pussahelu.

Aku menemukan pantai ini tanpa sengaja ketika ke luar dari Pantai Bara –pantai lain yang persis disebelah Bira- ada sebuah petunjuk arah bertuliskan Pussahelu. Karena penasaran akhirnya aku memberanikan diri meminta teman untuk memutar kemudi motor menuju arah panah yang bertuliskan PANTAI PUSSAHELU di atas sebuah petunjuk papan kayu di tiang pohon. Awalnya agak ragu, karena semakin jauh laju motor, suasana makin sepi. Tidak ada papasan dengan mobil atau motor lain dari arah berlawanan pun tak ada kendaraan lain di belakang yang menyusul.

Kiri-kanan didominasi pepohonan, ladang warga dan selebihnya hening. Signal ponselpun mati seketika. Horor. Kalau kenapa-napa siapa yang akan tahu keberadaan aku dan teman di sini. Tapi karena saling menguatkan satu sama lain, dengan kepercayaan 'akan ada hasil indah setelah bersusah payah dan untuk mendapatkan yang terbaik itu memang membutuhkan pengorbanan', alhasil laju motor tetap dipacu sampai titik terakhir jalan bebatuan tak berbeton.

Woow… benar prasangka. Ternyata ada surga tersembunyi di akhir perjalanan. Sebuah lokasi yang belum terjamah oleh siapapun hari itu. There is no anyone else but me and my travelmate yang datang siang hari menyambangi pantai ini. Wohoo! Pussahelu indahnya ternyata luar biasa.

Petualangan yang seru menuju ke sini. Keindahan alamnya sangat kece mantap tak terduga. Pasir putih membentang di bawah sana, karang-karang tinggi mempercantik pantai, sepoi-sepoi ombak dan angin laut saling bersahutan berirama dan terutama sekali pantai ini tak seramai Tanjung Bira. Sepi.

Tempat wisata yang satu ini benar-benar mempunyai ciri khas tersendiri. Meski harus bersusah payah terlebih dahulu  mencapainya tapi aku puas ketika sudah menapakkan kaki di sini. Wisata Indonesia memang selalu the best penuh teka-teki tapi memuaskan setiap mata yang memandangnya.

So, kalau kamu pas lagi liburan di Bira sempatkanlah berkunjung ke sini. Dijamin tidak akan menyesal dengan suguhan keindahan alam Pussahelu yang luar biasa.

Lalu bagaimana menuju ke sana?

Jika bertolak dari Jakarta tentu terlebih dahulu menggunakan pesawat terbang menuju Kota Makassar. Untuk harga tiket pesawat Jakarta-Makassar masih sangat terjangkau kok, range price nya 1jRp 1-1,5 juta PP.

Dari Kota Makassar perjalanan dilanjutkan menuju Tanjung Bira. Sebaiknya di Tanjung Bira ini kamu harus menginap. Karena kalau tek-tok tidak bakal memungkinkan. Perjalanan dari Makassar-Bira memakan waktu sekitar 4-5 jam. Jangan khawatir di sepanjang Bira banyak kok bertebaran penginapan-penginapan. Dari kelas yang backpacker sampai kelas mewah sekalipun.

Mari menabung, jalan-jalan dan jangan lupa masukkan Pussahelu ke dalam bucket list travelingmu. Pussahelu, benar-benar pantai tersuruk yang menyuguhkan pemandangan luar biasa indahnya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED