Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Okt 2018 11:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Indah Nian Pantai di Pulau Labengki

Foto 1 dari 5
Matahari terbit di pantai Labengki Kecil
Matahari terbit di pantai Labengki Kecil
detikTravel Community - Kabur sejenak dari rutinitas kerja, asyiknya bersantai di Pulau Labengki. Pantainya begitu menawan.

Pulau Labengki berada di utara Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Beberapa dari teman d'Traveler mungkin pernah mendengarnya. Banyak juga dari trip organizer yang sudah mengadakan paket tur perjalanan ke Pulau Labengki juga Pulau Sombori yang terletak tidak jauh dari Labengki.

Pada kesempatan perjalanan lalu saya sempat mengunjungi dua Pulau Labengki, ada Pulau labengki Besar dan Pulau Labengki kecil. Pulau Labengki Kecil dihuni lebih banyak warga dibandingkan Pulau Labengki Besar yang sebagian besar masih hutan lebat.

Warga yang tinggal di Labengki Kecil mayoritasnya adalah Suku Bajo. Saat itu saya memilih perjalanan laut dari Pelabuhan Kendari dengan kapal seorang nelayan yang memandu saya saat itu, namanya Pak Jufri.

Perjalanan laut dengan kapal Pak Jufri memakan waktu kurang lebih 3-4 jam. Ketika waktu matahari terbit tiba, Pulau labengki Kecil merupakan spot terbaik untuk menikmati momen tersebut.

Di sebelah timur ada sebuah pantai alami yang terletak di belakang perkampungan Labengki Kecil. Dengan bermodalkan jalan kaki kurang lebih 15 menit dari desa, traveler sudah bisa menemukan pantai tak berpenghuni itu.

Di pantai itu ada sebuah mercusuar tua juga yang terletak tidak begitu jauh dari pantai. Sayang saya dianjurkan untuk tidak naik mercusuarnya oleh warga karena struktur bangunan yang sudah tua dan tidak ada pengawasan di sana.

Pemandangan berupa pasir yang halus, ombak yang surut, pulau di seberang pantai, mercusuar, matahari terbit pasti menambah keindahan pagi di Labengki Kecil. Sedangkan di Pulau Labengki Besar, ada sebuah pantai yang cukup eksotis yaitu Pantai Pasir Panjang.

Jarak dari Pulau labengki Kecil ke Pantai Pasir Panjang Pulau Labengki Besar kurang lebih 30 menit. Di sini hamparan pasir halus terbentang luas dengan sisi belakang pantai berupa pohon-pohon kelapa.

Sungguh pengalaman perjalanan yang seru bagi saya ketika menemukan pantai seperti ini apalagi di saat tidak ada pengunjung lainnya. Di Pantai Pasir Panjang Labengki, ada sumur air tawar, biasa dipakai ABK untuk sekadar bersih-bersih bahkan minum.

Ketika menggunakan drone, komposisi lanskapnya bagus sekali dengan perpaduan antara pepohonan, pantai pasir putih, dan perairan dangkal. Selain wisata pantainya, di Pantai Pasir Panjang ini juga memiliki keindahan alam bawah laut yang mantap.

Saya sendiri sudah membuktikannya, jadi kalau main ke sini, selain main di pantai yang kece, sempatkan juga ya menikmati alam bawah lautnya Pantai pasir Panjang. Untuk traveler yang mau mencoba mengeksplor Pulau Labengki bisa coba hubungi Pak Jupri 082239085439. Beliau biasa mengantar tamu dari Pelabuhan Kendari dengan kapal kayu miliknya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED