Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Okt 2018 08:16 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Tinabo dari Kepulauan Selayar, Saingannya Maldives

Nur Azizah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Santai di pasir putih Pulau Tinabo
Santai di pasir putih Pulau Tinabo
detikTravel Community - Ini dia saingannya Maldives dari Indonesia namanya Pulau Tinabo. Pantainya berpasir putih dan konon inilah pulau atol terbesar ketiga di dunia.

Sedari tiba di Pulau Tinabo saya tidak pernah berhenti memotret. Saking banyaknya, saya harus menghapus beberapa fotp yang tidak terlalu penting.

Kekaguman saya dengan Pulau Tinabo memang tidak bisa dibohongi. Semuanya tampak indah, itu sudah pasti.

Pulau Tinabo berada di Taman Nasional Taka Bonerate, Selayar, Sulawesi Selatan. Taman Nasional Taka Bonerate adalah rumah bagi karang (atol) terbesar ketiga setelah Kwajelein di Pulau Marshall dan Suvadiva di Pulau Maldives.

Karena keindahan atolnya, Pulau Tinabo menjadi surga bagi para scuba diver. Kontur dinding yang miring seakan membentuk pulau-pulau di bawah air.

Tak hanya terkenal karena atolnya, Pulau Tinabo juga terkenal dengan pasir putihnya yang aduhai. Pasirnya yang putih dan lembut telah menggoda saya untuk menelusuri setiap jengkal pulau Tinabo.

Ketenangan yang dimiliki pulau ini pun ampuh mengusir penat dari hiruk pikuk kota. Tinggal duduk di pinggir pantai, tarik nafas-buang nafas, and rileks,

Ya, itu lah Pulau Tinabo. Meski hanya memiliki panjang 1,5 kilometer tapi keindahannya tak dapat diukur. Terlebih soal kehidupan bawah lautnya. Beragam hewan dan tanaman laut membuat Tinabo makin berwarna.

Di tambah sinar matahari yang masuk ke dalam laut membuatnya semakin sempurna. Seakan kristal yang ditumpahkan ke dasar lautan. Berkilau.

Setelah puas menyelam dan main di pasir putih, waktunya menanti matahari terbenam. Sunset di Pulau ini layaknya telur bebek. Bulat dan oranye. Kekaguman saya pada Tinabo tak ada akhir.

Setelah menikmati kawasan atol terbesar setelah Maldives membuat saya penasaran untuk menelusuri atol di Maldives. Semoga ada kesempatan.

Oh iya, untuk mencapai Pulau Tinabo lumayan mudah. Dari Makassar dan naik pesawat dari Bandara Sultan Hasanudin menuju ke Bandara Aeroppala Pulau Selayar.

Setelah itu dilanjut naik kapal selama delapan jam. Bisa juga menuju Tanjung Bira menggunakan bis menuju Selayar. Setelahnya perjalanan di lanjut menaiki kapal ke Kota Bantaeng dengan memakan waktu 8 jam di laut.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED