Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Okt 2018 13:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Eksotisnya Pantai Ujung Barat Pacitan

Yasuspade
d'travelers
Foto 1 dari 5
Indahnya pantai kijingan dilihat dari atas bukit
Indahnya pantai kijingan dilihat dari atas bukit
detikTravel Community - Main-main ke Pacitan jangan lewatkan pantai cantik ini. Namanya Pantai Kijingan, si eksotis yang masih perawan.

Pantai Kijingan terletak diujung Barat Kabupaten Pacitan. Akses menuju lokasi pantai Kijingan yang penuh dengan perjuangan, membuat pantai ini masih sangat alami, bersih dan serasa milik pribadi

Pacitan, adalah kabupaten yang letaknya diujung barat dan paling bawah dari propinsi Jawa Timur. Kabupaten Pacitan kaya akan keindahan alamnya, tak heran jika akhir pekan ataupun dihari libur, Pacitan diserbu wisatawan dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan alamnya. Pacitan memiliki puluhan pantai cantik yang membentang dari ujung timur hingga barat, masing-masing pantai tersebut memiliki keunikan tersendiri yang menarik untuk dikunjungi.

Ada satu pantai di Kabupaten Pacitan yang sangat berkesan untuk saya, yaitu Pantai Kijingan yang terletak diujung barat Kabupaten Pacitan, tepatnya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Kijingan berada di antara Pantai Banyutibo Kabupaten Pacitan dan Pantai Nampu Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Ketiga pantai ini dipisahkan oleh perbukitan. Untuk mencapai Pantai Kijingan pengunjung harus mengunjungi pantai Banyutibo terlebih dahulu untuk memarkir kendaraan, setelah itu dilanjutkan dengan trekking melewati perbukitan selama kurang lebih 20 menit dengan trek yang cukup menantang. Dibeberapa titik trekking terdapat trek sempit dan curam sehingga pengunjung harus selalu berhati-hati dalam melangkah.

Pantai Kijingan relatif masih sepi pengunjung, namanya pun tidak setenar pantai-pantai lain di Kabupaten Pacitan. Hal ini mungkin dikarenakan akses menuju Pantai Kijingan yang merepotkan karena harus trekking untuk mencapai lokasi.

Pantai Kijingan masih sangat alami, tidak ada fasilitas penunjang layaknya lokasi wisata seperti tempat parkir, warung, tempat sampah ataupun kamar mandi, namun inilah yang menjadikan pantai Kijingan terlihat spesial bagi siapapun yang pernah mengunjunginya. Pantai yang jauh dari keramaian membuat siapapun yang datang seolah menjadi pemilik pantai tersebut.

Kurang berkesan rasanya ketika mengunjungi pantai tapi tidak bermain air, pasir dan ombaknya. Jauh dari keramaian dan tidak ada fasilitas penunjang bukan berarti pantai Kijingan hanya bisa dinikmati secara visual, pengujung bisa bermain air, pasir ataupun ombak Pantai Kijingan dengan sesuka hati tanpa harus kebingungan ketika selesai beraktivitas.

Pantai Kijingan memiliki sungai kecil yang mengalir dari atas bukit menuju bibir pantai, air yang mengalir sangat jernih dan bisa digunakan untuk mandi usai puas beraktifitas di pantai Kijingan.

Jika mengunjungi Pantai Kijingan atau pantai lainnya yang masih minim fasilitas, alangkah baiknya ketika pulang kita tidak meninggalkan sampah dan sejenisnya, karena sudah tugas jika semua sebagai pengunjung untuk turut serta menjaga keindahan dan kebersihan suatu tempat wisata, agar tetap nyaman dikunjungi oleh siapapun dan kapanpun.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA