Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Okt 2018 14:34 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Pantai-pantai Wonogiri yang Cantik

Fubuki Aida
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pantai Nampu Wonogiri
Pantai Nampu Wonogiri
detikTravel Community - Wonogiri ternyata punya keeksotisan alam yang indah. Beberapa antara lain adalah pesona pantai-pantainya.

 

Letak Pantai Nampu, berada di Nun Jauh desa Paranggupito Wonogiri. Berada sekitar 48 km dari pusat kota Wonogiri. Pantai ini memiliki ciri khas seperti umumnya Pantai di sepanjang deretan laut kidul, yakni memiliki pasir putih serta ombak yang bergulung dengan kencang.

 

Mari berkenalan dengan Pantai Nampu

Letak Pantai Nampu, berada di Nun jauh desa Paranggupito Wonogiri. Berada sekitar 48 km dari pusat kota Wonogiri. Pantai ini memiliki ciri khas seperti umumnya Pantai di sepanjang deretan laut kidul, yakni memiliki pasir putih serta ombak yang bergulung dengan kencang.

 

Yang mengasyikkan dari Pantai Nampu, adalah keberadaan bibir pantainya yang panjang. Jadi para traveler bisa menikmati bermain-main di pasir sembari mungkin balap lari dari ujung ke ujung.

 

Jika pada postingan dahulu saya mengibaratkan Pantai Nampu bagaikan seorang bocah yang masih polos, maka kini saya menyebut nampu sudah tak sepolos dulu lagi. Yeah setidaknya dia sudah bertumbuh.

 

Perkembangan industri pariwisata belakangan ini ikut memberikan dampak untuk Pantai Nampu Wonogiri. Jika dahulu saya hanya menjumpai satu-dua penjual di bibir pantai, maka kini sudah cukup banyak penjual yang mendirikan warung di parkiran, maupun pinggiran bibir Pantai Nampu. Hal yang bagus, karena itu berarti pariwisata sudah mampu membantu perekonomian warga di sekitarnya. Namun ya semoga kebersihan tetap bisa dijaga oleh para pedagang, dan pembangunan tetap selalu mempertimbangkan aspek lingkungan.

 

Sebagai pantai yang menjadi andalan kabupaten Wonogiri, rasanya belum ke Wonogiri kalau belum mampir kemari. Untuk menuju ke lokasi Pantai Nampu tidaklah susah kok. Dari area Wonogiri kota, paculah motor sampai ke daerah Pracimantoro. Nantinya setelah sampai di terminal Pracimantoro, Wonogiri, berbeloklah ke kiri lalu terus lurus ke arah Paranggupito. Nah, sampai Pasar Paranggupito, belok ke kanan lalu lurus terus hingga sampai di Pantai Nampu. Kalau traveler bingung, nanti tanya saja ke warga sekitar. Atau, gunakan saja google map sebagai pemandu.

 

Ketika sampai parkiran, untuk menuju ke bibir pantai, pengunjung diharuskan menuruni satu-persatu anak tangga. Tapi santai saja, nggak terlalu bikin capek kok. Apalagi, di tangga ini traveler bisa pepotoan. Karena dari tangga, pemandangan Nampu terlihat elok. Pun, kalau naik ke atas Bukit di samping pantai Nampu, pemandangan yang tersaji malah membuat saya berimajinasi bagaikan lagi di Bukit Merese Lombok sana.

 

Berada di Pantai Nampu, sebaiknya traveler berkunjung saat hari masih pagi, karena jika kesiangan akan sangat terasa hawa panasnya.

 

Ke Pantai Nampu, Jangan Lupa Singgah Sejenak Ke Pantai Pringjono

Berkunjung ke Pantai Nampu, jangan sampai lupa untuk mengunjungi pula Pantai Pringjono. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Nampu. Hanya berbatasan bukit yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu butuh treking yang berat. Hanya memang, menuruni Bukit Pringjono menuju tepi pantai, traveler perlu berhati-hati karena lumayan terjal dan butuh menembus semak maupun menyibak pandan-pandan laut.

 

Pastinya kalau sedang piknik barengan keluarga besar, yang terdiri dari bapak-bapak, ibu-ibu, embah-embah dan adik-adik saran saya jangan nekat kemari. Cukupkan diri saja bersantai di Pantai Nampunya.

 

Pantai Pringjono memiliki area pasir putih yang sempit dan masih sepi. Lokasi yang cocok untuk para traveler yang tak terlalu suka keramaian. Untuk tiket masuknya sendiri gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir di di area paarkir Pantai Nampu saja.

 

Nah, itu tadi dua pantai yang ada di Wonogiri. Jika berkunjung ke Wonogiri jangan lupa untuk berwisata pantai di Pantai Nampu maupun Pamtai Pringjono ya!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED