Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Okt 2018 19:07 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Rubiah, Surganya Ikan!

Yeni Setiowati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Boat kayu menuju / meninggalkan Pulau Rubiah
Boat kayu menuju / meninggalkan Pulau Rubiah
detikTravel Community - Pulau Sabang adalah titik 0 kilometer Indonesia ada di sana. Wisata pantainya sangat banyak. Salah satu yang terkenal adalah Pulau Rubiah.

Kalau travelling ke Sabang, nggak lengkap rasanya kalau tidak menikmati lautnya. Salah satu yang terkenal adalah Pulau Rubiah. Sebuah pulau yang dinamakan dari seorang ulama di sana dan dimakamkan di pulau tersebut.

Apa saja yang bisa kita lakukan di sana? Jawabannya tergantung. Di sana kita bisa hanya sekedar duduk-duduk di dermaga, duduk di cafe sambil ngobrol-ngobrol, main air, main pasir pantai, snorkeling, diving, foto di atas motor di dasar laut atau bahkan cuma duduk melamun di pinggir pantai.

Yang tidak boleh dilewatkan adalah snorkeling karena itu bisa dilakukan oleh yang bisa berenang maupun yang tidak seperti saya. Cukup berbekal pelampung, kaki katak dan kacamata.

Untuk menuju Pulau Rubiah kita harus menyeberang menggunakan boat dari Pulau Iboih. Boatnya pun bisa kita pilih mau yang besar atau boat kayu, tentu beda harga juga ya.

Sebenarnya katanya dulu banyak spot snorkeling di Pulau Rubiah terutama untuk bisa bermain dan ketemu si nemo. Namun karena banyak karang terutama karang batik yang hilang, maka spot tersebut dipindahkan. Dan kalau mau kesana harus tambah biaya lagi. Makanya teman-teman, mari kita jaga bareng-bareng kekayaan laut kita, boleh main tapi jangan diambil ya. Kan jadinya banyak yang rugi.

Tapi jangan khawatir, Pulau Rubiah masih menyimpan kekayaan lautnya. Banyak ikan yang bahkan bisa kita lihat dari dermaga, karena memang airnya sangat jernih dan bersih. Jangan lupa memberi makan ikan ya. Saat mereka tahu kita bawa makanan, maka kita akan langsung diserbu, baik itu ikan yang kecil-kecil maupun ikan yang lebih besar, dan tentu saja ikannya sangat cantik dan berwarna-warni, sampai kita bisa nggak kelihatan di foto.

Setelah lelah snorkeling dan bermain dengan ikan-ikan, kita bisa beristirahat dan makan di cafe - cafe yang sudah tersedia di pingir pantai. Jangan lupa kalau mau langsung balik ke Aceh harus ingat waktu, karena kapal penyeberangan terakhir pukul 14.30 WIB untuk hari biasa dan pukul 15.00 untuk weekend. Happy travelling.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED