Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Okt 2018 15:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai yang Jadi Primadona di Pacitan

Aranty
d'travelers
Foto 1 dari 5
Di sebelah kiri pantai ada Spot batu mirip Sphinx Mesir dan dikanan spot batu mirip tanah lot Bali
Di sebelah kiri pantai ada Spot batu mirip Sphinx Mesir dan dikanan spot batu mirip tanah lot Bali
detikTravel Community - Pacitan di Jawa Timur memiliki pantai yang cantik dan jadi primadona. Pantai Klayar namanya.

Kabur dari rutinitas kerja, itulah yang saya dan teman-teman lakukan beberapa bulan yang lalu. Kami berkesempatan berkunjung ke kota kelahiran mantan orang nomer satu di Indonesia. Ya, Pacitan kota kelahiran mantan Presiden Bapak SBY. Saya memulai perjalanan ini bersama Ully , Ivan dan Hadi yang merupakan rekan sekantor.

Berempat Kami berhasil menelusuri objek-objek wisatanya terutama pantai-pantainya. Dari sekian banyak pantai yang kami kunjungi, ada satu pantai yang membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama. Pantai Klayar namanya. Pantai ini berada di Desa Kalak kecamatan Donorejo, kabupaten pacitan.

Jika pengunjung datang dari arah kota Yogyakarta , bisa melalui Kota Wonosari di Gunungkidul lalu ke timur menuju ke arah Pathuk dan lanjur ke arah Kota Wonosari. Dari sana perjalanan di lanjut ke Pracimantoro. Setelah itu ke Giribelah, nanti akan melewati daerah Punung. Setelah daerah Punung nanti di kanan jalan ada papan nama Pantai klayar.

Pengunjung atau wisatawan tinggal mengikuti arah papan nama menuju ke Pantai Klayar tersebut. Perjalananan menuju ke lokasi butuh perjuangan karena akan melalui jalan berbukit, dengan medan yang berkelok-kelok , sempit, curam dan sesekali menanjak. Tapi semuanya akan terbayar begitu anda sampai ke lokasi. Sesampainya di pantai ini anda akan disambut dengan hamparan pasir putihnya. Oh iya harga tiket masuknya 7.000 rupiah saja. Pantai ini sangat luas karena ada 2 bukit di kanan kirinya.

Ciri khas pantai ini adalah adanya spot batu mirip Sphinx. Area batu karst di sisi kiri pantai ini kedua ujungnya menjulang, sehingga tampak seperti Sphinx di Mesir. Nah di sini juga tarikan ombaknya dahsyat, sehingga area ini dijaga dan dikunci.

Jika ombaknya lagi bersahabat, area ini terbuka untuk umum dan kamu bisa naik ke atasnya. Di depan batu Sphinx ini ada juga sebuah batu karst yang besar dan agak mirip Tanah Lot loh.  Mengingat Pantai Klayar ini areanya memang sangat luas dan berbukit sehingga di sini disediakan penyewaan APV untuk memudahkan pengunjung menelusuri pantai dari segala sisinya.

Di ujung sebelah kiri pantai ada sebuah bukit bernama Bukit Indah Lestari. Bukit ini gampang didaki tapi Kami memilih untuk naik APV dengan tarif 10.000 rupiah perorang. Sampai di atas bukit, dikenakan biaya 2000 rupiah saja. Di sini kamu bisa duduk-duduk memandang laut lepas ditemani pepohonan, suara ombak dan semilir angin. Melihat kecantikan Pantai Klayar dari atas bukit indah lestari menambah kesempurnaan kecantikannya.

Jika ada berkunjung ke Pacitan, jangan lupa masukkan Pantai Klayar ke itinerary. Pantai ini adalah pantai yang sempurna dengan berbagai keindahan di segala sisinya sehingga menjadi primadona dan menjadi incaran para traveler. Dijamin kamu akan betah berlama-lama disini karena banyak sekali spot yang bisa dieksplore.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA