Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Okt 2018 22:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Daftar Lengkap Destinasi di Karimunjawa

Hamzah Ipul
d'travelers
Foto 1 dari 5
Bukit Cinta, pemandangan Karimunjawa dari atas ketinggian
Bukit Cinta, pemandangan Karimunjawa dari atas ketinggian
detikTravel Community - Tidaklah mengada-ada jika Karimunjawa disetarakan dengan pesona Kepulauan Karibia di benua Amerika. Wilayah dengan banyak pulau kecil yang tersebar, menyajikan alam yang indah nan eksotis.

Bagi setiap orang yang berkunjung disajikan bentang alam daratan maupun pesona alam bawah lautnya. Karimunjawa adalah kepulauan yang terletak di bagian utara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Memiliki predikat sebagai taman nasional, Karimunjawa merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, serta berbagai macam spesies flora dan fauna laut.

Pergi melalui jalur darat dari Terminal Surabaya, kami bergegas naik bus jurusan Jepara. Selama 7 jam perjalanan, bus berhenti sejenak di daerah Tuban untuk para penumpang makan malam. Esoknya tepat jam 4 dini hari, kami sampai di Terminal Jepara.

Cukup melelahkan, tanpa membuang waktu, kami langsung menuju Pelabuhan Kartini dan kemudian membeli tiket kapal feri tujuan Karimunjawa. Perjalanan laut ditempuh dalam 4 jam lamanya, oleh karena itu sangat dianjurkan membawa makanan dan minuman sebagai bekal di kapal.

Setibanya di dermaga Karimunjawa, rasa lelah pun terobati oleh beningnya air laut yang berwarna biru terkadang hijau. Saat melihat ke bawah, tampak jelas ikan-ikan karang yang berenang kesana kemari, seakan menyambut kedatangan kami. Tak lama, kami dijemput untuk menuju penginapan yang sudah dipesan jauh-jauh hari. Selepas istirahat sejenak, kami menyewa sepeda motor untuk berkeliling sekitaran pulau utama Karimunjawa.

Wisata daratan Karimunjawa

Berjarak sekitar 15 menit bersepeda motor dari alun-alun Karimunjawa, tempat pertama yang kami tuju adalah Bukit Cinta. Di sini terdapat berbagai spot foto, berupa Tugu Karimunjawa, tugu cinta, rumah pohon, dan spot sarang burung. Pemandangan Karimunjawa dari atas bukit tak boleh dilewatkan, perpaduan pohon-pohon Dewadaru khas yang lebat menghijau bertemu gradasi warna biru laut sepanjang horizon. Sungguh menawan.

Perjalanan dilanjutkan ke arah Utara, tepatnya menuju treking Mangrove. Di sini kami mengikuti jalur treking, menyusuri rimbunnya pepohonan bakau, hingga tiba di menara pandang yang tinggi menjulang. Sekali lagi, menyaksikan pemandangan dari atas ketinggian adalah sebuah keindahan.

Puas berfoto, kami kembali ke arah kota Karimunjawa selama 10 menit bersepeda motor. Seiring terbenamnya matahari, kami menutup perjalanan ditemani langit yang merah merona di Pantai Batu Topeng. Senja terasa tenang dan sunyi, deburan ombak berirama, berpadu semilir angin menyejukkan. Syahdu.

Wisata laut Karimunjawa

Hari berganti, tiba waktunya menikmati atraksi wisata laut Karimunjawa. Dibantu kenalan seorang kawan, kami menyewa perahu masyarakat sekitar, berlayar menuju pulau-pulau tak berpenghuni.

Taka Sendok, begitulah masyarakat lokal menyebut destinasi wisata yang pertama kami datangi. Spot snorkeling dengan kedalaman sekitar 3-5 m, nyebur adalah hal yang spontan kami lakukan. Melihat taman bawah laut penuh terumbu karang dan ikan hias dengan berbagai macam warna yang memanjakan mata.

Beranjak siang, perahu bergeser menuju Geleang. Pulau dengan hamparan pasir putih lembut dan air laut jernih, hingga membuat kami betah untuk berlama-lama. Di sini kami bersantai, bermain pasir, serta menikmati santap siang dengan bakaran Ikan Kakatua segar khas lokal. Lezat!

Tujuan selanjutnya adalah Gosong Cemara. Gugusan terumbu karang berbentuk melingkar yang cukup luas, dengan kedalaman laut sekitar 2-3 m. Kami bisa melihat dengan jelas terumbu karang dari atas perahu. Menyelam dekat saja, beruntung sekali kami. Ada ikan nemo! Meski tampak bersembunyi malu-malu di antara sahabatnya, anemon laut. Itu sudah cukup membuat kami merasa puas dan senang.

Sebagai destinasi penutup, perahu kami bergerak ke sisi barat laut, Pulau Karimunjawa. Dalam perjalanannya, kami singgah sejenak di Pulau Cemara Kecil untuk bersantai. Dan kemudian sampai juga di Ujung Gelam. Pantai dengan ikon khas, pohon kelapa miring dan juga merupakan spot paling epic menikmati senja jingga di pantai. Apalagi, saat matahari sampai di batas cakrawala sebelah barat, foto siluet dengan memanjat pohon tersebut menjadi andalan.

Berakhir sudah perjalanan kami kali ini, Karimunjawa memang menyimpan begitu banyak pesona keindahan alam. Namun jangan lekas percaya dengan apa yang dikatakan. Pergi, datangi, dan lihatlah sendiri. Akhir kata, sampai jumpa di lain waktu. Salam kawan. Salam lestari.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Pesona Asia

Pagi Bromo!

Selasa, 20 Nov 2018 08:30 WIB

Inilah saat pagi menyapa kawasan TNBTS. Kumpulkanlah memori saat melakukan perjalanan ke sana ya.