Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jan 2019 10:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Akhir Pekan di Kalsel, Nikmati Kotabaru dari Ketinggian

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Menara ini memiliki fungsi vital untuk memandu kapal yang melintas di Selat Laut
Menara ini memiliki fungsi vital untuk memandu kapal yang melintas di Selat Laut
detikTravel Community - Kotabaru di Kalimantan Selatan, punya banyak destinasi menarik. Salah satunya Menara Suar Gunung Belingkar untuk melihat panorama dari ketinggian.

Selalu menarik untuk menyaksikan keindahan pemandangan dari ketinggian, tidak terkecuali di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Traveler bisa menyaksikan indahnya pemandangan Kotabaru di Menara Suar Gunung Belingkar.

Berjarak 1 km dari pusat kota Kotabaru, Menara Suar Gunung Belingkar harus ditempuh dengan kendaraan roda dua atau berjalan kaki dari bawah bukit. Walau akses jalannya cukup baik namun jalannya curam dan sempit untuk menuju ke atas bukit.

Namun sulitnya medan menuju ke menara suar ini terbayar lunas saat sampai di puncak bukit. Sebab, traveler bisa menyaksikan indahnya Selat Laut dan Kotabaru dari ketinggian 100 mdpl.

Menara suar yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1911 ini memiliki jenis lampu revolving. Berputar searah jarum jam ketika dilihat dari bawah. Konstruksi menara menggunakan besi galvanis asli peninggalan Belanda dan memiliki kekuatan yang sangat kokoh serta tidak berkarat.

Konon pada kaca menara suar masih terdapat lubang bekas peluru dari tentara Jepang. Namun sayang akses ke atas menara ditutup, untuk mencegah hal-hal tak diinginkan, sebab banyak anak kecil yang berusaha memanjat ke atas menara.

Menara suar ini sendiri berada di bawah kewenangan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan. Menara suar ini memiliki fungsi vital, untuk memandu kapal yang melintas di Selat Laut.

Pemandangan di depan menara suar adalah alur pelayaran Selat Laut Kotabaru. Apabila siang hari, lautnya terlihat biru dengan kesibukan kapal yang melintas. Jika malam hari, yang terlihat hanyalah lampu kapal yang sedang berlabuh.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED