Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Nov 2018 10:54 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Dieng, Negeri di Atas Awan

Endang Komalasari
d'travelers
Foto 1 dari 5
Puncak Sikunir inilah yang menjadikan Dieng terkenal dengan sebutan
Puncak Sikunir inilah yang menjadikan Dieng terkenal dengan sebutan
detikTravel Community - Siapa di sini yang ngaku hobi traveling? Kamu harus yang namanya berkunjung ke Dieng, Jawa Tengah. Inilah Negeri di Atas Awan yang sering dipuji orang.

Sebelumnya kamu harus tahu apa itu Dieng dan dimana Dieng berada. Dieng adalah kawasan dataran tinggi yang letaknya berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Dieng juga letaknya dekat dengan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, jadi tidak heran kalau suhu di Dieng sangat sejuk dan kadang bisa sangat dingin. Pokoknya tidak kalah deh dengan suhu-suhu musim dingin di Eropa.

Kenapa kalian harus banget ke Dieng? Pertama, kalian tidak perlu jauh-jauh pergi ke Eropa untuk merasakan musim dingin di sana, karena di Dieng pun kalian bisa merasakan suhu dingin sekaligus bisa melihat salju di Candi Arjuna yang sering disebut warga asli Dieng dengan sebutan Embun Upas.

Kedua, tahu kenapa Dieng disebut Negeri Atas Awan? Jawabnya adalah di Dieng ada sebuah bukit bernama Bukit Sikunir yang apabila kalian datang sebelum matahari terbit maka puncak Bukit Sikunir ini akan tertutup kabut putih yang membuat kalian seperti berada di atas awan.

Jadi, Negeri atas awan itu bukan sekedar isapan jempol belaka tetapi memang benar-benar ada dan itu berada di Dieng, Indonesia.

Selain embun upas dan Bukit Sikunir, Dieng juga menyajikan pesona indah lainnya. Sebut saja tradisi potong rambut gimbal anak-anak istimewa keturunan nenek moyang Dieng. Tradisi ritual ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu dan menjadi kepercayaan turun temurun warga Dieng.

Pemotongan rambut gimbal ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Untuk itu harus dilakukan ritual dengan memenuhi semua permintaan anak-anak istimewa tersebut. Karena biasanya apabila anak-anak istimewa ini sudah siap untuk dipotong rambutnya, mereka akan menyebut permintaannya berkali-kali kepada orang tua mereka dan orang tua pun wajib memenuhinya.

Percaya tidak percaya apabila rambut gimbal anak-anak istimewa tersebut dipotong dan semua keinginannya terpenuhi maka rambut anak-anak tersebut akan tumbuh normal seperti rambut anak pada umumnya.

Acara pemotongan rambut gimbal ini sekarang dilakukan massal dan dijadikan ajang pariwisata oleh Pemerintah Daerah setempat. Penasaran seperti apa ritual ini? Cus kunjungi Dieng pada sekitaran bulan Agustus di acara Dieng Culture Festival (DCF).

Biasanya acara ini juga menyuguhkan berbagai kirab budaya seperti jazz atas awan, pelepasan lampion hingga pagelaran wayang kulit. Tidak berhenti di situ, masih banyak destinasi di Dieng yang akan membuat kalian berdecak kagum akan indahnya Pesona alam Indonesia.

Tidak usah khawatir karena semua destinasi di Dieng dipastikan Instagrammable seperti Telaga Warna, Kawah Sikidang, Batu Ratapan Angin dan masih banyak yang lainnya. Jadi sudah barang tentu foto-foto kalian di sana akan mengundang like dari banyak orang.

Nah, yang harus banget diingat kalau kita bepergian adalah kondisi kesehatan tubuh kita. Jangan sampai kondisi tubuh yang tidak fit membuat semua rencana liburan kita jadi terganggu.

Apalagi jika traveling di Dieng dengan suhu yang tidak biasa, pastikan saat kalian berkunjung ke sana bawalah baju tebal/hangat yang cukup dan jangan lupa untuk selalu membawa Tolak Angin obat herbal yang berguna mengatasi masuk angin, mual, kembung dan tubuh terasa dingin karena suhu di Dieng yang tidak biasa untuk tubuh kita.

So, masih ada alasan untuk tidak berkunjung ke Dieng, Negeri Atas Awan? Wujudkan impian kalian berada di atas awan. Mark your calender now!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Potret Danau Terjernih di Dunia

Selasa, 25 Jun 2019 16:45 WIB

Danau di Selandia Baru ini tak hanya cantik, namun juga berair jernih. Dengan mata telanjang, pandangan kita bisa melihat sampai berpuluh meter ke dasar danau.