Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Jan 2019 05:00 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Liburan ke Asahan, Yuk Mampir ke Museumnya!

Rudi Chandra
d'travelers
Foto 4 dari 5
Tepak Sirih sebagai koleksi adat budaya
Tepak Sirih sebagai koleksi adat budaya
detikTravel Community -

Liburan ke Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, ada sejumlah destinasi yang bisa didatangi. Salah satunya Museum Asahan yang menyimpan barang bersejarah dan budaya.

Beberapa waktu yang lalu saat saya sedang berkunjung ke Kota Kisaran karena suatu hal, saya melihat sebuah bangunan dengan plang museum di depannya. Sebagai seseorang yang menyukai sejarah saya pun langsung tertarik untuk singgah ke museum tersebut.

Ternyata museum itu adalah Museum Asahan yang merupakan salah satu museum yang berada di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Museum ini tepatnya berada di Gedung Juang 45 Asahan, Jalan HOS Cokroaminoto, Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Gedung museum ini sendiri cukup bersejarah karena dulunya menjadi gedung perjuangan rakyat Asahan dalam melawan Kolonial Belanda. Sekarang Gedung Juang 45 Asahan ini telah dijadikan sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi dan dijadikan sebagai Gedung Museum Asahan.

Museum Asahan ini baru saja berdiri akhir-akhir ini. Bahkan museum ini berdiri kurang dari waktu setahun. Meski demikian, koleksi yang tersimpan di dalam museum ini cukup banyak walau tidak bisa dikatakan lengkap karena masih terbatasnya sumberdaya dan kurangnya kepedulian terhadap sejarah.

Di dalam museum ini terdapat beberapa ruangan yang menyimpan berbagai koleksi mulai dari pakaian adat dari suku-suku yang bermukim di Asahan beserta miniatur rumah adatnya. Kemudian juga ada berbagai senjata bersejarah yang dulu digunakan untuk melawan Belanda, serta terdapat juga berbagai peralatan hidup seperti alat pertanian, alat perdagangan hingga beberapa peralatan rumah tangga yang cukup antik.

Sebagai wilayah yang dulunya menjadi kekuasaan Kesultanan Asahan, museum ini pun menyimpan berbagai koleksi yang merupakan barang peninggalan dari Kesultanan Asahan seperti beberapa senjata dan barang-barang lainnya. Selain itu, di dalam museum ini juga tersimpan berbagai informasi tentang tugu-tugu perjuangan yang tersebar di Kabupaten Asahan sebagai bukti perjuangan rakyat Asahan dalam melawan Belanda.

Di dalam museum ini juga terdapat beberapa foto-foto para pahlawan hingga foto-foto para bupati yang pernah memerintah Kabupaten Asahan. Di sini juga terdapat berbagai foto tua yang menggambarkan kondisi Kabupaten Asahan di masa lalu.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA