Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Nov 2018 14:27 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Stasiun Kereta di Rusia yang Keren dan Kaya Sejarah

Asri Vernon
d'travelers
Foto 1 dari 5
Stasiun Mayakovskaya
Stasiun Mayakovskaya
detikTravel Community - Stasiun kereta di Moskow, Rusia, agak berbeda dengan kebanyakan. Traveler bisa kenal lebih dekat soal sejarah Rusia lewat lukisan hingga patung yang dipajang.

Saat musim Piala Dunia saya mendapat kesempatan untuk bisa berkunjung ke negara Rusia untuk menyaksikan dan merasakan langsung euforia dari musim bola yang besar itu. Dan tentunya ini menjadi momen yang paling membahagiakan saya karena bisa berada di Rusia bersama puluhan bangsa yang tumplek blek ada di negara itu, khususnya di kota Moskow dan St Petersburg untuk menyaksikan laga bola dunia. Dan kunjungan saya kali ini adalah kota Moskow, ibu kota negara Rusia.

Jujur saat pertama kali akan berangkat ke Moskow ini sempat ada ketakutan saya tentang cerita-cerita kelam negara yang menganut paham komunis ini. Ada banyak cerita miring yang saya terima sejak saya kecil mengenai negara ini sehingga kekhawatiran akan keamanan membuat saya sedikit was-was.

Namun cerita-cerita miring itu seketika pupus saat saya telah menginjakkan kaki di Moskow yang ternyata sangat aman dan begitu indah. Saking indahnya sampai-sampai saya rasanya tidak ingin pulang dari negara yang jika musim dingin suhunya bisa mencapai -30 derajat Celcius ini.

Dan di artikel kali ini saya mau mengangkat keindahan stasiun-stasiun MRT yang ada di Moskow, yang ternyata memiliki sisi-sisi sejarah negara ini, yang dikemas dengan sangat indah. Ternyata Rusia adalah negara yang sangat menjunjung tinggi akan sejarah bangsa dan sangat menghormati, juga menghargai sejarah mereka.

Sehingga salah satu tindakan yang dibuat oleh pemerintah ini agar sejarah bangsa mereka tidak dilupakan oleh generasi ke generasi mereka yaitu dengan dibangunnya stasiun MRT dengan desain ala Eropa yang kental, namun banyak terdapat lukisan-lukisan sejarah dan pahlawan negara tersebut sampai kepada patung-patung pahlawan.

Melihat pemandangan yang indah ini tentulah membuat saya berdecak kagum. Bahkan tidak hanya lukisan sejarah yang dipampangkan di setiap sudut koridor, stasiun itu pun didesain dengan begitu indah dan mewah.

Lampu-lampu kristal yang seperti ada di istana-istana berjejer dengan sangat rapi membuat kesan mewah sangat terasa. Jauh berbeda dengan stasiun MRT yang ada di negara-negara Asia yang banyak ditemukan iklan-iklan digital yang menunjukkan beraneka ragam produk jualan dari berbagai merk hingga gambar-gambar artis masa kini.

Stasiun MRT Kota Moskow yang sangat elegan menjadi daya tarik wisata yang mengagumkan menurut saya. Sebut saja Stasiun Mayakovskaya yang disebut sebagai stasiun MRT yang tercantik di kota Moskow.

Dan ternyata saat saya tiba di situ memang tempat ini sangat elegan, indah banget dan tentunya kesempatan ini tidak saya sia-siakan untuk mengabadikannya. Jejeran lampu kristal yang mewah menambah kesan tempat ini sangat Instagramable banget menurut saya.

Ada satu lagi stasiun yang sangat unik. Di stasiun ini kita akan banyak melihat patung-patung perunggu berwarna hitam yang merupakan patung-patung pahlawan negara ini di masa revolusioner. Jejeran patung-patung itu berdiri megah dan tertata rapi dan seakan-akan hidup dan siapa bercerita memperkenalkan diri mereka dan masa-masa perjuangan mereka.

Salah satu patung yang sangat unik dan aneh menurut saya karena ada kisah di balik patung ini, yaitu patung prajurit dengan anjingnya. Jika kita ingat di Jepang ada sebuah patung yang bernama Hachiko dengan kisah sedihnya yang setia pada tuannya, di Moskow ini justru agak aneh ceritanya.

Ploshchad Revolyutsii adalah nama stasiun ini. Saat kita tiba di patung prajurit dan anjing ini, maka kita akan melihat sebuah pemandangan baik orang-orang yang akan menaiki atau turun dari MRT akan mendatangi patung ini dan mengusap tangan mereka tepat di arah moncong patung anjing ini.

Saat saya bertanya kepada teman saya yang sudah lama tinggal di Moskow, beliau juga tidak bisa menjelaskan kenapa orang-orang Rusia sering memegang moncong patung anjing itu saat melewatinya.

Konon, dipercaya akan memberikan keberuntungan saat memegang moncong patung anjing itu katanya. Wah, cerita yang unik kan dan tentang kebenarannya saya kurang tahu namun momen tersebut tidak saya lewatkan juga untuk menyentuh moncong anjing tersebut. Seringnya orang mengusap atau menyentuh moncong patung itu membuat moncong patung itu mengalami abrasi hingga berubah warna menjadi kuning keemasan.

Sebenarnya ada banyak lagi kisah tentang keindahan stasiun MRT yang ada di Moskow, bahkan jika kita ke kota St Petersburg pun akan menjumpai stasiun MRT yang tak kalah indahnya. Jika ingin membuktikan dan mengeksplor kota Moscow tentunya kita harus merencanakan sebuah perjalanan yang terbaik bukan.

Biasanya hal yang pertama saya lakukan adalah mencari tiket yang murah dan banyak promonya. Itu semua bisa saya dapatkan di tiket.com. Banyak promo seperti program 11.11 seru yang memberikan potongan tiket pesawat hingga Rp 500 ribu. Itu bisa menjadi potongan yang sangat menghemat perjalanan kita.

Untuk mendapatkan harga hemat dan promo-promo tiket yang murah, saya terlebih dahulu unduh aplikasinya agar bisa selalu pantau promo hotel dan tiket yang sedang berlangsung. tiket.com solusi berlibur yang paling mengerti saya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED