Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Nov 2018 09:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Maratua, Maldives dari Indonesia

Almira Santoso
d'travelers
Foto 1 dari 5
Villa di atas air bak Maldives
Villa di atas air bak Maldives
detikTravel Community - Siapa yang tak bermimpi liburan ke Maldives? Tapi tahukah kamu, kalau Indonesia punya pulau cantik yang tak kalah seperti di sana. Inilah Maratua!

Perlu waktu 3 sampai 4 jam perjalanan yang di tempuh dari Pelabuhan di Tarakan untuk sampai ke Pulau Maratua. Tetapi lelah dan lamanya perjalanan akan sirna begitu kalian melihat indahnya pemandangan laut lepas yang bisa dinikmati dari balkon kamar. Penyu dan ikan-ikan kecil yang berenang di depan kamar, pasir yang putih pun menambah keindahan pulau ini. Berenang dengan stingless jelly fish juga merupakan salah satu agenda wajib jika mampir ke Pulau Derawan.

Nggak usah jauh-jauh ke Maldives, Indonesia juga punya villa diatas air! Villa ini terletak di Pulau Maratua. Pulau Maratua berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kalau berbicara tentang keindahan pantai dan satwa di bawah laut, Indonesia nggak ada matinya

Sedikit perjuangan untuk sampai di Pulau Maratua. Ada dua cara untuk sampai ke pulau ini, melakukan penerbangan dari Jakarta menuju Tarakan atau Berau. Dalam kesempatan kali ini saya masuk lewat Tarakan. Setelah tiba di bandara Tarakan, kami pun langsung menuju pelabuhan untuk menaiki ferry cepat menuju Pulau Maratua. Butuh sekitar 3 jam untuk sampai ke pulau ini dari pelabuhan. Tidak lupa saya minum Tolak Angin andalan saya untuk mengatasi masuk angin.

Segala rasa lelah dan letih hilang begitu ferry merapat. Indah banget sampai tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Semua berkumpul di lobby penginapan. Dalam 4 hari ke depan inilah rumahku. Briefing pun dilakukan sore itu, isinya kurang lebih untuk memberitahukan kegiatan apa saja yang akan di lakukan empat hari kedepan, dan tidak lupa diingatkan untuk menjaga kebersihan selama di penginapan, sampah dibuang ditempatnya jangan ke laut.

Setelah briefing dilakukan kami pun menuju kamar masing-masing. Serasa di surga, bayangkan pemandangan laut lepas bisa kami lihat dari kamar. Oh indahnya! Kami bersantai sejenak sambil duduk-duduk sembari menunggu matahari kembali ke peraduannya.

Matahari telah meninggi dan kami pun bersiap untuk melakukan aktivitas pagi ini. Keluar kamar disambut penyu yang berenang di bawah balkon kamar.Dimana lagi saya bisa dapat pemandangan seindah ini. Saya bersyukur masih bisa menikmati nikmat yang telah Tuhan beri.

Setelah sarapan dan bersiap-siap dengan alat snorkeling kami masing-masing, kami pun segera menuju ferry yang akan akan membawa kami menjelajahi pulau-pulau indah lainnya.

First stop adalah Pulau Kakaban. Di pulau ini kalian bisa berenang dengan ubur-ubur yang tidak menyengat. Kapan lagi, kesempatan yang langka bukan?

Perlu diingat, berenang dengan ubur-ubur disini dilarang menggunakan fin, dan berenangnya pun harus pelan-pelan demi menjaga kelestarian ubur-ubur. Setelah puas bermain-main dengan ubur-ubur kami pun melanjutkan perjalanan dengan kapan carteran menuju pulau Derawan. Di pulau ini kita bisa menyewa sepeda loh, untuk mengitari pulau. Seru banget! Setelah lelah bersepeda kami pun makan siang di atas pasir putih dengan pemandangan laut lepas. Nikmat!

Tidak sampai di situ saja kenikmatan yang Tuhan berikan untuk kami hari ini. Dalam perjalanan menuju kembali ke Pulau Maratua untuk beristirahat, kami dikawal oleh segerombolan lumba-lumba yang berenang disekitar ferry. Tidak sabar rasanya menunggu esok hari tiba. Kejutan apalagi yang akan menanti.

Sangalaki, Gusung, Nabuco, dan Semut adalah nama pulau-pulau inilah yang akan kami kunjungi hari ini. Dekat dengan pulau Sangalaki kami berhenti untuk snorkeling. Berenang dengan penyu, kalau sebelumnya hanya melihat dari balkon kamar, kali ini saya berkesempatan untuk berenang barsama.

Hanya boleh dinikmati dengan mata yah jangan dipegang! Pasir putih dan air yang jernih bisa ditemui di setiap pulau-pulau yang saya kunjungi. Bintang laut yang berwarna-warni, batu karang yang indah, dan jika beruntung kalian juga bisa berenang dengan ikan pari manta.

Salut dengan warga sekitar pulau yang tetap menjaga kebersihan. Tidak satu pun sampah saya lihat mengapung di lautan sekitar. Baik di tempat saya menginap maupun di tempat saya snorkeling. Keep up the good work!

Indah dan kayanya negriku Indonesia! Mari kita jaga kelestariannya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED