Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jan 2019 11:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Seperti Maladewa, Padahal Halmahera

Edelweiss Blogger
d'travelers
Foto 1 dari 5
Daga widi, memiliki dermaga untuk kapal berukuran besar bersandar.
Daga widi, memiliki dermaga untuk kapal berukuran besar bersandar.
detikTravel Community - Semua yang indah di luar negeri, ada di Indonesia. Kepulauan seindah Maladewa sekalipun, sama saja seperti di Halmahera. Karena negeri kita indah luar biasa!

Sebuah pernyataan yang tidak berlebihan menurut saya. Indahnya negera kepulauan Maldives di Samudera Hindia sudah sangat terkenal di dunia. Tapi, di Indonesia pun ada.

Miniatur Kepulauan Maldives di Indonesia yaitu Kepulauan Widi. Kepulauan Widi terletak di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Widi dapat dicapai melalui 2 jalur yaitu naik kapal dari Pulau Bacan kurang lebih sekitar 8 jam atau jalur darat dari Desa Gane Luar, Weda, ibukota Kabupaten Halmahera Tengah, dilanjutkan naik kapal 3-4 jam untuk sampai ke Widi.

Kepulauan widi terdiri atas 2 laguna yang membentuk jaringan pulau-pulau kecil dan pasir timbul yang saat pasang surut air laut akan terlihat menyatu. Diperkirakan jumlah pulau-pulau kecil di Kepulauan Widi ada 99 pulau.

Keunikan Widi adalah warna air laut di dalam laguna berwarna biru toska. Di Widi sendiri ada dermaga dan resor yang dibangun oleh Pemkab Maluku Utara saat mengadakan turnamen memancing internasional 2017. Sayangnya, resort, toilet dan kamar mandi umum tidak bisa dimanfaatkan oleh wisatawan karena dibiarkan terbengkalai dan kotor.

Sumur air tawar adalah sumur resapan dengan air tawar yang segar. Pengunjung boleh memakai sumur yang khusus untuk mandi. Tempat kapal kami bersandar bernama dermaga Pulau Daga Widi. Ada perkampungan para nelayan. Kampung nelayan ini hasil relokasi untuk pembangunan resor oleh pemerintah.

Kampung nelayan di Daga Widi sangat sederhana. Rumah panggung berisi keluarga nelayan dan anak-anak yang tidak bersekolah. Widi adalah surga ikan. Para nelayan dengan mudah menangkap ikan, kepiting bakau, dan kepiting kenari. Bahkan kita memancing dengan ikan dengan mudahnya. Jika kalian datang ke Widi, jangan lupa bawa alat pancing.

Di Widi ada sinyal Telkomsel yang hanya terdapat di satu spot di dermaga Daga Widi. Sayangnya sinyal hanya bisa dipakai untuk telpon dan SMS. Cukup untuk memberi kabar bagi keluarga, bahwa kita sedang berada di surga tersembunyi Indonesia dan bisa makan ikan sepuasnya. Mari baronda ke Maluku Utara!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED