Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Jan 2019 13:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Harga Lengkap dari Fasilitas Taman Nasional Baluran

maruhiru
d'travelers
Foto 1 dari 4
Taman Nasional Baluran, Savana Bekol
Taman Nasional Baluran, Savana Bekol
detikTravel Community -

Taman Nasional Baluran dikenal pula dengan julukan Africa van Java. Inilah cerita saat mengunjungi kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli yang terdapat hutan, padang sabana dan Pantai Bama.

Terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi, luas Taman Nasional Baluran adalah 25 ribu hektar. Saat waktu memasuki sore hari kami tiba di gerbang pintu masuk Taman Nasional Baluran.

Di gerbang, kami melapor juga membeli tiket di pos penjaga. Untuk harga tiketnya di hari kerja domestik Rp 15.000 per hari dan mancanegara Rp 150.000 per hari, rombongan pelajar atau mahasiswa Rp 8.000 per hari, roda 2 Rp 5.000 per hari, roda 4 Rp 10.000 per hari, minbus atau truk Rp 50.000 per hari.

Di hari libur domestik Rp 17.500 per hari, mancanegara Rp 225.000 per hari, rombongan pelajar atau mahasiswa Rp 9.500 per hari. Roda 2 Rp 7.500 per hari, mobil Rp 15.000 per hari, minibus atau truk Rp 75.000 per hari.

Setelah melewati pos penjaga, jalanan dipenuhi dengan pepohonan yang hijau dan rimbun. Inilah kawasan hutan hijau sepanjang tahun atau lebih dikenal dengan sebutan evergreen forest. Hutan ini selalu hijau dan tidak pernah kering karena berada di wilayah cekungan di mana terdapat sungai bawah tanah.

Evergreen seperti terowongan hijau karena pepohonan tampak rapat dan daunnya tumbuh lebat. Kemudian kami sampai di Padang Savana Bekol, di sini terdapat hamparan sabana yang luas dengan pemandangan Gunung Baluran. Berbagai hewan seperti banteng, rusa dan kebo sempat aku jumpai di sana.

Di sini juga terdapat penginapan lho, jadi kalian bisa merasakan tinggal di padang sabana ato juga di pinggir Pantai Bama. Penginapan di Savana Bekol, Wisma Rusa Rp 100.000 per kamar untuk 2 orang. Wisma Merak Rp 150.000 per kamar untuk 2 orang. Wisma Banteng Rp 400.000 per wisma untuk 4 orang.

Sabana adalah spot berfoto, terutama di bawah pohon akasia, tulang kepala banteng yang berjajar dan papan nama Savana Bekol yang ada di tengah hamparan sabana. Setelah mengabadikan beberapa momen di sabana kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Bama.

Dalam perjalanan kami banyak menjumpai berbagai jenis burung yang ada di dahan pohon dan beberapa monyet liar. Kemudian tibalah kami di pantai yang berpasir putih dengan batu pantai yang kecil. Terdapat hutan mangrove serta fasilitas umum seperti toilet dan musholla hingga penginapan di Pantai Bama.

Penginapan di Pantai Bama, yakni Wisma Pilang Rp 200.000 per wisma untuk 2 orang. Setelah beristirahat dan menikmati pantai kami memutuskan mengakhiri perjalanan kami di Taman Nasional Baluran dan menuju Kota Banyuwangi.

Hari kedua di Banyuwangi, setelah bersiap-siap kami pergi ke Pantai Pulau Merah. Destinasi ini merupakan sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pasanggaran, Banyuwangi.Pantai Pulau Merah atau Pulo Merah yang berasal dari terdapatnya sebuah bukit kecil yang memiliki tinggi sekitar 200 meter dan tersusun dari tanah berwarna merah. Pemandangannya indah dan kita dapat surfing di pantai ini.

Bukit ini dapat dikunjungi ketika air laut sedang surut sekitar pukul 15.00 dan ketika air laut pasang bukit ini akan menjadi sebuah pulau yang terpisahkan oleh air laut dari pantai. Kebetulan aku tiba di sana saat sedang pasang jadi gak bisa berkunjung ke bukitnya.

Untuk memasuki Pantai Pulau Merah harga tiketnya Rp 8.000 per orang, untuk parkir mobil Rp 5.000 sedangkan untuk parkir motor Rp 2.000. Untuk yang mau menginap ada homestay untuk beristirahat, rata-rata homestay di pantai ini memiliki tarif sekitar Rp 100.000 per malamnya.

Pantai Pulau Merah adalah pantai yang luas dengan pasir putih dan dikelilingi hutan mangrove. Ombaknya cukup tinggi yang terkadang bisa digunakan untuk surfing. Bagi yang tidak memiliki papan selancar sendiri ada jasa penyewaan selancar dengan harga sekitar Rp 50.000. Di pinggir pantai terdapat pepohonan yang rimbun yang bisa untuk istirahat terdapat pula kursi pantai yang di sewakan dengan harga Rp 25.000 per 60 menit.

Untuk masalah kuliner atau makanan di sini disuguhkan dengan khas Banyuwangi seperti rujak soto, rujak bakso, rawon dan sajian lainnya. Lokasi pantai ini dekat dengan pemukiman warga dan untuk keamanan di sini ada penjaga pantai yang siaga di pinggir pantai.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA