Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jan 2019 11:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Hai Traveler, Panda-panda Lucu Ini Menunggumu di Macau

Mariana Malau
d'travelers
Foto 1 dari 4
Duh, imutnya panda-panda ini! Gemas...
Duh, imutnya panda-panda ini! Gemas...
detikTravel Community - Panda memang hewan asli China. Tapi kamu bisa juga menemuinya kalau traveling ke Macau. Mereka sangat lucu dan menggemaskan lho!

Kabar gembira, kini kamu tak perlu jauh-jauh ke China untuk melihat panda lucu nan menggemaskan. Cukup terbang ke Macau atau jika kamu sedang kebetulan traveling ke Hong Kong, dengan menggunakan Turbojet selama setengah jam saja, kamu bisa menjejakkan kaki di Macau.

Negara ini tak memerlukan visa bagi warga negara asing. Cukup tanda tangan dokumen di visa on travel pada pelabuhan atau bandara, maka kamu bisa keliling negara kecil ini dengan leluasa.

Kamu bisa menyambangi panda-panda ini di Macao Giant Panda Pavilion yang terletak di Coloane. Jika ingin menuju ke sana, kamu bisa menumpangi bis ke Coloane. Berhubung bahasa yang digunakan di Macao dominan Bahasa Portugal, maka berhati-hatilah ketika membaca dan melihat nomor bis agar tidak salah tujuan.

Macao Giant Panda Pavilion sesungguhnya adalah rumah bagi beberapa hewan selain panda. Layaknya kebun binatang mini, tempat ini juga menjadi rumah bagi gorila, beberapa jenis burung termasuk flaminggo dan nuri, beberapa jenis monyet seperti monyet dan siamang, serta tentu saja si bintang utama yakni Panda.

Untuk masuk ke dalam tempat observasi Panda, kamu harus menstreilkan tubuh terlebih dahulu dengan membasuh tangan dengan air, serta melumuri tangan dengan desifektan dan jangan kaget bila tubuhmu disemprotkan desifektan juga untuk memcegah virus yang masuk dari udara luar ke rumah panda.

Ruangan observasi atau yang lebih mudah disebut rumah panda ini sangat bersih dan sangat dijaga kesenyapannya. Bayangkan, ketika kita ingin masuk ke sana, petugas harus memastikan kamera dimatikan bunyi tangkapannya, nada dering handphone disenyapkan, serta diingatkan untuk tidak menggunakan falsh atau cahaya kilat. Boleh mengambil video atau merekam tapi tidak untuk diputar di dalam rumah panda apalagi dengan volume suara yang keras. Haram!

Dijelaskan bahwa panda adalah binatang yang sangat sensitif akan perubahan tempat, suasana hati, dan suara yang keras atau ribut semua hal itu bisa membuat panda cepat stress dan cepat pula mati. Duh, kasihan. Oleh karenanya sangat dimohon agar pengunjung untuk menataati peraturan tersebut.

Pengunjung dan panda dibatasi dengan kaca tebal yang tak memiliki lubang. Artinya, kita dan panda tak akan pernah bersentuhan. Kekaguman kita ketika melihat panda hanya boleh disalurkan dengan bisikan, decakan, dan tawa yang ditahan karena kadang tawa kita bisa meledak melihat panda saling berpeluk dan bergulingan tanpa daya. Apalagi ketika berebut bambu untuk dimakan. Uh, gemas!

Waktu kunjungan di area panda atau melihat panda secara langsung hanya boleh dilakukan maksimal setengah jam, jadi puas-puaskanlah untuk melihat, mengambil gambar dan video serta melihat keterangan siapa saja nama panda yang sedang guling-gulingan di rumahnya karena jika dilihat lebih dekat, setiap panda memiliki ciri dan rupa wajah yang agar berbeda.

Setelah puas melihat panda maka kita bisa melihat keterangan terkait panda. Jenis apakah sesunguhnya panda. Di tempat ini diberitahukan silsilah panda, bagaimana hubungan dekatnya dengan beberapa jenis beruang yang ada di muka bumi ini dan baru tahulah saya ternyata panda adalah jenis beruang yang paling berbeda dan unik dibanding beruang lainnya.

Untuk informasi, masuk ke Macao Giant Panda Pavilion ini dipungut biaya beberapa Pataca Macau (mata uang Macau) yang tujuannya sebagai biaya konservasi panda-panda dan binatang lainnya yang hidup di tempat ini.

Bagi yang ingin souvenir khas panda, dapat membelinya di gerai souvenir dengan harga yang sangat menarik. Sebelum kita meninggalkan Macao Giant Panda Pavilion, kita wajib membersihkan tangan dengan disinfektan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED