Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Jan 2019 15:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Banyuwangi yang Penuh Pesona Untuk Liburan Akhir Pekan

Foto 2 dari 4
Menuju Fajar di Kawah Ijen
detikTravel Community - Banyuwangi cocok untuk jadi tujuan liburan akhir pekan kali ini. Pantai biru, pasir putih dan gunung yang indah adalah obat setelah penat seminggu di perkotaan.

Banyuwangi, sebuah kabupaten yang terletak di ujung Pulau Jawa yang dikenal dengan Sunrise of Java. Semakin diperhatikan, ada banyak sekali wisata alam yang disuguhkan yang mampu membuat mata terkagum, sebuah pengalaman yang tidak akan saya lupakan.

Berawal dari rekomendasi teman-teman tentang keindahan Ijen dan pantai-pantai yang ada di Banyuwangi, saya mulai menyusun rencana untuk berkunjung ke salah satu wisata tersohor di tanah air tersebut. Berbekal teman saya yang tinggal di sana dan keinginan untuk berlibur, saya berangkat ke Banyuwangi via kereta api Probowangi dari Stasiun Waru menuju Stasiun Kalistail. Ada banyak stasiun di Banyuwangi yang bisa dijadikan tempat pemberhentian, tergantung wisata mana yang akan dikunjungi. Misalnya, sobat mau ke Kawah Ijen, maka langsung aja berhenti di Stasiun Karangasem. Berhubung teman saya rumahnya di Kalistail, maka turunlah saya di stasiun tersebut.

Perjalanan dari Stasiun Waru, Sidoarjo menuju Stasiun Kalistail, Banyuwangi memakan waktu kurang lebih 7 jam. Nah, di dalam kereta saya bertemu dengan warga asli Banyuwangi. Eh, saya diberi tahu kalau sekarang pemerintah Kota Banyuwangi dalam rangka meningkatkan fasilitas pariwisata telah mengadakan akomodasi gratis. Wah, nyesel juga sebenernya baru tahu hal beginian padahal kan lumayan. Nah, untuk kalian yang ingin liburan ke Banyuwangi selanjutnya, jangan lupa cek dulu di website Banyuwangi Tourism. Akan ada banyak pilihan untuk akomodasi ke berbagai wisata di Banyuwangi, yang harus dibooking terlebih dahulu.

Saya tiba di Stasiun Kalistail pukul 12.00 WIB siang. Berhubung siang itu terik, mulailah keroncongan perut saya. Sambil menunggu teman saya, saya makan di mie ayam depan stasiun. Ternyata tidak hanya orangnya yang ramah-ramah, Banyuwangi juga menyuguhkan harga makanan yang ramah di kantong sobat! Jadi, jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas Banyuwangi seperti rujak soto dan nasi sambal tempong yaa, biar dimanjakan lidahmu dengan cita rasa khas Jawa.

Hari pertama dan kedua

Destinasi yang pertama kali saya kunjungi adalah Kawah Ijen yang terkenal dengan keindahan kawah di atas awan dan Blue Fire-nya. Untuk mendapatkan momen melihat Kawah Ijen dan sunrise sensasional dari kota yang katanya Sunrise of Java, saya harus berangkat tengah malam. Jadilah saya bersama teman saya berangkat dari Kota Banyuwangi menuju Kawah Ijen pada pukul 00.00, dengan menggunakan motor. Sepanjang perjalanan, ada banyak sekali mobil yang menuju Kawah ijen. Jadi, meskipun berangkat malam-malam dengan suasana dingin, susana tidak terlalu mencekam akibat lalu lintas yang cukup ramai. Jalan menuju Kawah Ijen-pun sudah mulus dan beraspal, hanya saja ada beberapa tanjakan naik-turun.

Semakin mendekati pos pendakian, udara semakin pekat dan dingin. Pos pendakian sudah buka saat saya tiba di loket pada pukul 02.00 WIB dini hari. Sebelum medaki, pastikan sudah memiliki senter dan masker khusus untuk mencegah keracunan belerang saat mendekati puncak. Kami mulai mendaki pada pukul 02.15 WIB.

Perjalanan menuju puncak adalah waw, naik terus selama kurang lebih 2,5 jam. Ada beberapa titik yang landai yang digunakan para pendaki untuk sekedar bernafas. Bagi para pendaki yang sudah tidak kuat untuk mendaki, bisa menyewa becak yang diangkut 2-3 warga lokal menuju puncak. Tarif yang dikenakan berkisar Rp 400 ribu untuk warga lokal dan Rp 600-800 ribu untuk warga asing. Semakin menuju puncak, udara semakin dipenuhi aroma belererang yang menyengat. Bisa dipastikan, kalau saya tidak menggunakan masker dengan filter khusus, sudah pingsan. Namun alhamdulillah, saya sampai ke puncak, yeay! Bersyukur bukan main karena nggak jadi pingsan, mulailah saya mengabadikan foto di puncak sambil menunggu matahari terbit. Namun sayangnya, Blue Fire tidak muncul pada hari tersebut dikarenakan cuaca kata seorang warga lokal. Di puncak, sobat bisa membawa oleh-oleh berupa kerajinan tangan dari belerang oleh warga lokal. Kami turun pada pukul 08.00 WIB dan sampai di Kota Banyuwangi pukul 12.00 WIB.

Hari Ketiga

Destinasi kedua yang saya kunjungi pada hari ketiga saya di Banyuwangi adalah Taman Nasional Baluran. Terletak di Kabupaten Situbondo yang bersebelahan dengan Banyuwangi, perjalanan dari Kota Banyuwangi menuju Taman Nasional Baluran memakan waktu kurang lebih 1,5 jam dengan kendaraan roda 4. Lokasinya mudah diakses, namun medan sepanjang perjalanan masuk cukup menyulitkan terutama untuk roda 2.

Mengangkat tema pelestarian alam yang memiliki ekosistem asli, Taman Nasional Baluran menyuguhkan kombinasi keindahan alam berupa hutan Evergreen, padang savana Bekol yang luas dan bagus banget, dan wisata Pantai Bama yang lautnya berwarna biru cerah serta pasirnya yang putih. Sungguh sayang untuk dilewatkan apabila sobat nantinya akan berkunjung ke Banyuwangi. Kabar baik bagi kami, pada hari itu langit cerah berwarna biru sehingga membuat kami semakin bersemangat untuk menjelajahi Taman Nasional Baluran.

Setelah kami menjelajahi Taman Nasional Baluran, kami mampir ke Waduk Bajulmati yang lokasinya tidak jauh dari Taman Nasional Baluran, dan selanjutnya kembali ke Kota Banyuwangi untuk menyaksikan festival Banyuwangi Ethno Carnival 2018 yang kebetulan masih berlangsung.

Saya kembali ke Surabaya pada malam harinya via kereta Mutiara Timur. Bukan hal mudah tentunya untuk menempuh perjalanan 7 jam setelah beraktivitas penuh selama 3 hari.

Pengalaman menjelajahi Banyuwangi adalah salah satu wisata terbaik yang pernah saya dapatkan. Suguhan panorama, festival budaya, kuliner yang memanjakan lidah dan keramahan masyarakatnya sungguh adalah kombinasi yang apik untuk semakin meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia.