Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Jan 2019 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Keliling Tangerang Gratis Naik Bus Wisata

Tommy Bernadus
d'travelers
Foto 2 dari 5
Area terbukanya berada di bagian belakang
Area terbukanya berada di bagian belakang
detikTravel Community - Tur keliling Kota Tangerang gratis bisa lho. Ada Bus City Tour yang tersedia buat wisatawan.

Pernah berwisata dengan menggunakan bus bertingkat di Jakarta? Beberapa tahun terakhir, Jakarta menyediakan bus tingkat untuk berwisata berkeliling Jakarta. Kita bisa melihat kota Jakarta mulai dari gedung pencakar langit, Kota Tua hingga RPTRA Kalijodo dengan menggunakan bus tingkat.

Namun, tulisan ini, bukanlah untuk membahas soal bus tingkat di Jakarta ini. Itu cuma intro saja. Bagaimana dengan kota lain? Ada bus semacam ini? Ada sebenarnya. Tapi busnya tidak bertingkat.

Beberapa waktu lalu, saya dan rombongan dari 34 Provinsi di Indonesia yang sedang berkumpul di Tangerang, diajak untuk city tour atau berkeliling Tangerang. Tidak berkeliling sebenarnya, tapi lebih ke mendatangi tempat wisata di Kota Tangerang.

Nah, kami ini diajak berkeliling dengan bus wisata. Saya pikir ya bus standar wisata lah. Menghadap ke depan semua, ber-AC. Ya sudah memang begitu, tapi salah sangka! Itulah yang terjadi.

Ternyata kami diajak naik bus khusus City Tour Tangerang. Saya menyadarinya setelah naik. Bedanya bus ini adalah, terbagi dalam dua bagian. Bagian ber-AC seperti bus biasa, dan bagian yang sedikit terbuka.

Di bagian belakang bus, tidak ada jendela kaca. Hanya ada teralis dari besi saja. Jadi ya memang terbuka. Ini bagian uniknya. Pernah naik odong-odong yang berkeliling? Mirip-mirip gitu.

Tur menggunakan bus ini, kami kemudian diajak ke beberapa spot. Mulai dari taman Gajah Tunggal, Kampung Bekelir, Cisadane Fly Deck, Cisadane Walk hingga ke Kantor Pemkot Tangerang.

Yang menarik dengan tur bus ini adalah, kita diajak menyusuri Sungai Cisadane. Benar-benar melewati jalan sepanjang pinggir Cisadane. Walaupun nggak pinggir-pinggir amat. Di dalam bus ini, kami dipandu oleh duta wisata Tangerang. Mereka adalah Kang dan Nong. Kalau di Jakarta, Abang dan None.

Sepanjang perjalanan, kami diberikan penjelasan. Saya pun bertanya. Kalau hari biasa dan hari Minggu beroperasi jam berapa? Seorang gadis yang menjadi pemandu kami mengatakan, untuk hari biasa, bus ini beroperasi di petang hari dan hanya sekali.

Sementara untuk akhir pekan, beroperasi tiga kali sehari. Naiknya dari Pusat Informasi Wisata Tangerang. Sayangnya kami tidak sempat mampir ke lokasi tersebut. Berkeliling dengan bus ini ada keasyikannya tersendiri. Kita benar-benar bisa sight seeing karena bagian bus terbuka.

Bus City Tour ini tersedia dalam dua warna, merah dan Biru. Naik bus ini juga seperti bus tingkat Jakarta, gratis!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA