Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Jan 2019 13:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kulineran di Banjarmasin, Cobain Soto Banjar

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Soto Banjar yang lezat dan gurih siap dinikmati
Soto Banjar yang lezat dan gurih siap dinikmati
detikTravel Community - Liburan ke Banjarmasin, wajib mencicipi kuliner khasnya. Salah satunya Soto Banjar.

Saat berkunjung ke Kota Banjarmasin, belum lengkap rasanya tanpa menikmati kuliner khasnya yang lezat dan segar, yaitu Soto Banjar. Salah satu penjual soto yang cukup terkenal akan kelezatannya adalah Soto Banjar Haji Anang.

Karena pada saat saya berkunjung ke Banjarmasin, bertepatan dengan hari Jumat, maka hampir seluruh rumah makan yang menjual Soto Banjar tidak membuka kedainya.

Untungnya selepas sholat Jumat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, saya berhasil menemukan satu warung yang buka dan sudah cukup terkenal akan kelezatan Soto maupun Sop Banjarnya selama puluhan tahun, yaitu Soto Banjar Haji Anang Ayam Bapukah.

Bapukah sendiri menurut bahasa Banjar memiliki makna dipatahkan. Jadi ayam yang sudah masak, dipatahkan dengan tangan oleh penjualnya. Selain Bapukah, ada juga istilah Bapulas, yang memiliki makna diputar. Jadi ayam akan diputar terlebih dahulu sebelum disajikan. Inilah yang membedakan soto Haji Asan dengan penjual lainnya.

Ayam dalam soto selain disuwir, kita bisa minta bagian ayam lain yang utuh, baik paha, dada ataupun sayap. Tidak heran, rasa soto ini begitu gurih dan segar, terlebih bila dinikmati pada musim hujan.

Kombinasi antara potongan telur, ayam, dan soun, diguyur dengan kuah panas, sungguh kombinasi yang sangat pas. Tidak ketinggalan, sebagai pendamping Soto Banjar, tersedia juga sate ayam yang lembut, legit dan nikmat. Secara umum sate ayam disini tidak berbeda dengan sate ayam pada umumnya, namun bumbunya relatif lebih lembut.

Yang membedakan antara Soto Banjar dan Sop Banjar adalah pendampingnya. Jika Soto Banjar maka akan disajikan bersama ketupat, sementara Sop Banjar maka akan disajikan bersama nasi putih.

Soto Banjar Haji Anang memiliki beberapa cabang di Kota Banjarmasin, namun saya memilih untuk datang langsung ke kedai pertamanya yang terletak di Jalan Pekapuran. Warungnya sangat sederhana dan terletak di dalam sebuah gang yang sempit. Namun saat makan siang tiba, kedai ini selalu dipadati oleh pengunjung.

Rupanya saya sangat beruntung traveler, sebab saat singgah di kedai ini, saya bisa bertemu, mengobrol dan berfoto bersama Haji Asan yang sudah sangat sepuh. Kedai ini sendiri sudah dijalankan oleh anak-anak beliau.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED