Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Des 2018 10:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Leuwi Hejo, Curug yang Sangat Cantik di Bogor

A. Maulana Nugraha
d'travelers
Foto 4 dari 5
mencoba melompat untuk meningkatakan keberanian
mencoba melompat untuk meningkatakan keberanian
detikTravel Community - Bogor punya beragam destinasi wisata yang menawan. Salah satunya Leuwi Hejo, curug atau air terjun yang cantik dan harus kamu datangi.

Pada weekend kemarin, saya mencoba untuk datang ke kawasan sentul di mana saya tertuju kepada sebuah air terjun atau curug yang dikenal dengan sebutan Leuwi Hejo, leuwi dalam bahasa sunda berarti relungan atau sebuah kolam sedangkan hejo nerarti Hijau. Walaupun namanya hijau, tapi Leuwi Hejo memiliki aliran air yang nerwarna biru yang diapit oleh beberapa tebing batu pegunungan.

Lokasi Leuwi Hejo berlokasi di desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat kalau ditempuh dengan kendaraan roda empat langsung keluar di pintu Tol Sentul. Kemudian ambil arah ke kawasan Jungleland, butuh waktu kurang lebih sekitar 4 jam perjalanan dari Jakarta.

Setelah keluar dari sentul perjalanan dilanjutkan menuju ke Desa Cibadak dimana akses hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi dan sepeda motor, sedangakan untuk bus belum bisa terjangkau sampai lokasi dikarnakan akses jalan yang kecil, dan memiliki beberapa tanjakan dan turunan yang lumayan ekstrem serta kelokan yang curam dimana kendaraan besar tidak mungkin bisa melewatinya.

Setelah sampai di lokasi, kendaraan diparkirkan di tempat yang telah disediakan, dan para pengujung harus melalui jalan setapak atau tracking selama setengah jam perjalanan sampai menuju ke Leuwi Hejo. Medan yang di tempuh berupa jalan setapak yang terbuat dari tanah dan beberapa anak tangga yang mash terbuat dari bebatuan, sehinnga apabila terkena hujan medan yang ditempuh sangat licin. Ketika perjalanan yang sedang ditempuh, wisatawan pun akan disuguhkan keindahan alam berupa pegunungan yang hijau serta gemuruh air yang tercipta dari sepanjang aliran sungai.

Kawasan wisata alam Leuwi Hejo memiliki beberapa curug, dengan total curug sebanyak 5 buah, yaitu curug Leuwi Hejo, curug Leuwi Liek, curug Leuwi Ciung, curug Leuwi Cepet, serta curug Baliung. Lokasi curug satu ke curug yang lainnya tidak perlu memakan waktu yang begitu lama, perlu 5 sampai 15 menit perjalanan tracking.

Jika wisatawan pergi pada weekend maka bersiaplah untuk berebutan ambil spot foto di curug-curug tersebut, karena puncak pengunjung biasanya di waktu weekend. Wisatawan pun pada umumnya yang datang merupakan kaum anak muda yang menyukai wisata alam yang berupa pertualangan.

Biasanya wisatawan akan main air dengan melakukan loncatan dari atas tebing batu, seperti yang dilakukan oleh saya, karena sensasi adrenalin yang tertantang oleh ketinggian dan ketika jatuh ke air kesegaran yang di dapat akan terbayar lunas dari waktu tempuh dan medan yang dilalui saat berkunjung.

Biaya masuk pun cukup terjangkau dan tidak sampai merogoh kocek yang terlalu dalam, bisa dibilang wisata hemat ala bacpakeran, cukup membayar RP 15 ribu sekali kedatangan dan 10 ribu rupiah setiap curug yang dikunjungi, sedangkan untuk kedalaman curug pun bervariatif mulai dari kedalaman 2 meter sampai dengan kedalaman 10 meter, jadi wisatawan bisa memilih tempat bermain airnya.

Untuk keamanan di setiap curug pasti terdapat pos dan menyediakan jasa alat pelampung serta di lokasi curug terdapat tali tambang sebagai pegangan ketika berada di aliran sungai. Bagi wisatawan yang belum begitu bisa berenang harap tidak bermain air sampai ke bagian tengah dan harus dalam pengawasan orang sekitar sehingga bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kesegaran air pegunungan akan terasa sampai ketulang apalagi ketika datang dalam cuaca hujan, siap-siap saja badan menggigil seperti masuk lemari es. Untuk fasilitas di setiap curug terdapat sebuah warung yang menjajakan makanan dan ruang ganti, jadi tidak perlu khawatir ganti baju di mana dan kelaparan.

Liburan pun sudah datang, di penghujung tahun jangan lupa rencanakan liburan anda bersma tiket.com banyak pilihan yang bisa digunakan mulai dari tiket kereta, pesawat, hotel maupun persewaan kendaraan, pokonya satu aplikasi beribu manfaat dan harga yang super murah. Tinggal atur jadwal liburan kemudian cari tiket dan penginapan yang diinginkan setelah itu bersantailah bersama orang yang dikasihi di liburan hari Natal dan Tahun Baru ini.

Hotel yang tersedia di tiket.com cukup banyak yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, kelas pun bisa kita pilih sesuai dengan kantong kita masing-masing. Mau gaya hotel mewah atau mau seperti ala backpakeran yang berupa hostel, semuanya telah tersedia. Jadi jangan salah pilih hanya tiket.com liburan pun menjadi nyata, mau kemana? kemana pun tiket.com aja.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA