Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Jan 2019 13:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Penat? Yuk Intip Segarnya Kebun Teh Tertinggi di Indonesia

Akbar Priyono
d'travelers
Foto 1 dari 5
Menikmati sejuknya pemandangan Kebun Teh Kayu Aro  langsung di Kaki Gunung Kerinci.
Menikmati sejuknya pemandangan Kebun Teh Kayu Aro langsung di Kaki Gunung Kerinci.
detikTravel Community - Siang-siang gini memang paling pas kalau lihat yang segar-segar. Yuk intip segarnya perkebunan teh tertinggi Indonesia, Kebun Teh Aro.

Provinsi Jambi menyimpan banyak pemandangan alam yang menawan dan bisa dijadikan destinasi wisata akhir pekan Anda. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Kabupaten Kerinci.

Kabupaten Kerinci yang menyimpan banyak eksotisme alam. Selain bisa melihat tegapnya Gunung Kerinci, traveler juga bisa bermain atau memanjakan diri di perkebunan teh yang berada di Kecamatan Kayu Aro.

Perkebunan teh yang berada tepat di kaki Gunung Kerinci ini sangatlah luas. Perkebunan ini juga merupakan peninggalan Belanda yang sekarang dikelola oleh PT Pekebunan Nasional VI (PTPN VI).

Teh-teh yang dipetik di sini menjadi salah satu yang terbaik di dunia dan menjadi proyeksi untuk diekspor ke berbagai negara. Bicara tentang kebun teh, tentu dalam bayangan kita akan muncul tempat yang berada di pelosok dan jauh dari fasilitas umum.

Nyatanya di sekitaran Kebun Teh Kayu Aro, berdiri banyak bangunan penginapan dan hiburan yang siap memanjakan wisatawan. Tak hanya itu tampak juga toko-toko besar, bank, dan juga warung-warung penjual suvenir yang berderet rapi di sepanjang jalan sekitaran kebun teh.

Banyak juga sejumlah penjual kuliner khas Jambi dan Sumatra Barat yang siap menggoyang lidah traveler. Dari sejumlah referensi menyebutkan bahwa perkebunan teh di Kayu Aro ini menjadi yang terluas dan tertinggi kedua di dunia setelah kebun teh Darjeeling di India.

Kebun teh ini berada pada ketinggian 1600 Mdpl dengan luas mencapai 2500 hektare. Tak puas di Kebun teh Kayu Aro, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Danau Kerinci yang juga masih berada di Kabupaten Kerinci dengan jarak tempuh kurang lebih dua jam perjalanan.

Di sana traveler akan melihat pemandangan danau yang begitu luas dan tampak sejuk karena masih berada di kawasan bukit barisan. Danau ini berada di ketinggian 783 Mdpl dengan luas 5000 meter persegi.

Sejumlah fasilitas wisata sudah dibangun di tempat ini dan siap memanjakan Anda yang sedang menghabiskan waktu libur akhir pekan. Akses menuju ke dua tempat ini tidaklah susah mengingat sepanjang perjalanan traveler akan melewati jalan beraspal yang berkualitas. Hanya saja mesti selalu waspada mengingat jalanan di Kabupaten Kerinci terbilang rawan karena banyak kelokan dan tanjakan tajam.

Untuk menuju ke tempat-tempat ini, dari pusat Kota Jambi bisa ditempuh kurang lebih 7 jam perjalanan darat sedangkan dari Kota Padang berkisar lebih sedikit lagi yakni 6 jam perjalanan. Selamat berkunjung!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED