Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Feb 2019 11:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Makam Bung Karno Menjelma Jadi Destinasi Wisata Populer

Tri Wahyuni
d'travelers
Foto 3 dari 5
Selain makam di sini juga terdapat museum dan perpustakaan, wajib banget datang ke sini karena kita akan mendapatkan banyak informasi sejarah
Selain makam di sini juga terdapat museum dan perpustakaan, wajib banget datang ke sini karena kita akan mendapatkan banyak informasi sejarah
detikTravel Community - Makam Sang Proklamator yang berada di Kota Blitar ramai pengunjung setiap harinya. Di sini juga terdapat museum dan perpustakaan sejarahnya.

Ini merupakan kunjungan pertama saya. Makam Sang proklamator menjelma menjadi tempat wisata sejarah yang cukup populer, letaknya di Jl. Surawana No. 10 Kota Blitar atau 2 km dari Alun-alun Kota Blitar.

Lokasinya tak jauh dari pusat Kota Blitar dan mudah untuk mengunjunginya. Setiap hari makam Presiden Pertama RI ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berziarah. Makam Bung Karno dibangun di atas tanah yang luas dan ditata sedemikian rupa untuk menarik minat pengunjung. Pelataran yang luas dan halaman yang bersih menambah nilai plus untuk lokasi wisata ini.

Makam Bung Karno sendiri terletak di Pendopo yang berada tepat di tengah komplek bangunan. Ditandai dengan batu besar bertuliskan nama, tanggal wafat Bung Karno dan kalimat "Penyambung Lidah Rakyat". Pendopo ini mampu menampung ratusan peziarah yang ingin berdoa atau tahlil untuk Bung Karno. Tak hanya komplek pemakaman Bung Karno dan keluarga, di sini juga terdapat bangunan pendukung lainnya, seperti museum, perpustakaan, gazebo dan taman.

Museum di sini berisikan benda-benda sejarah Bung Karno. Banyak koleksi foto Bung Karno ketika beraktifitas mulai dari menerima kunjungan kenegaraan hingga pada saat jatuh sakit dan sebelum wafat. Terdapat pula replika tulisan Bung karno di secarik kertas yang berisi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Banyak terdapat koleksi buku tentang Bung karno yang bisa kita baca di perpustaan Makam Bung Karno. Yang lebih menariknya lagi jika beruntung bisa menyaksikan video dokumenter Bung Karno yang diputar pada saat-saat tertentu. Untuk mengunjungi lokasi ini pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 3000 dengan jam operasional mulai dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Setelah puas mengelilingi komplek pemakaman pengunjung akan disuguhi ratusan pedagang oleh-oleh yang khusus ditempatkan di sepanjang lorong jalan keluar.

Barang yang dijual sangat beragam mulai dari gantungan kunci hingga patung Bung Karno terdapat di sini. Tak lupa saya membeli beberapa cinderamata untuk sanak saudara. Jangan khawatir kemahalan karena rata-rata barang-barang yang dijual sini harganya sangat terjangkau. Wisata Makam Bung Karno ini bisa dibilang menjadi wisata andalan Kota Blitar, karena selain nilai historisnya aksesnya pun sangat mudah.

Kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta api. Untuk memudahkan rencana liburan bisa menggunakan tiket.com. Tinggal download aplikasinya, kemudian pesan tiket kereta dan pastikan tanggal dan jam keberangkatan sesuai dengan initerary liburan ya. Karena untuk sampai di Blitar dengan kereta api ada beberapa pilihan jadwal keberangkatan. Di tiket.com akan ditampilkan semua pilihan kereta api untuk tujuan Blitar tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan.

Pesan tiket kereta api di tiket.com menjadi pilihanku karena sangat mudah sehingga sangat membantu saya ketika ingin liburan mendadak seperti ini. Harganya juga sangat ekonomis belum lagi beberapa kali pemesanan saya sempat mendapat voucher diskon. Jadi sebelum merencanakan liburan pastikan cek dulu di tiket.com mau kemana aja #semuaadatiketnya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Labuan Bajo dan Nomadic Tourism

Senin, 25 Mar 2019 20:35 WIB

Labuan Bajo masuk 4 destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh Pemerintah. Nomadic Tourism pun dipilih untuk pengembangan pariwisata di sana.

MRT Jakarta Bikin Bangga

Senin, 25 Mar 2019 19:10 WIB

MRT Jakarta baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (24/3), kemarin. Hari ini, masih antusias para penumpangnya dengan rasa bangga.