Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Feb 2019 11:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Liburan Murah di Utrecht, Keliling Kota Naik Sepeda

Foto 1 dari 5
Kastil de Haar saat musim gugur
Kastil de Haar saat musim gugur
detikTravel Community - Berkeliling Kota Utrecht naik sepeda asyik juga lho. Traveler bisa bersepeda melewati sejumlah objek wisata populer di sana.

Utrecht yang berjuluk Kota Domkerk atau Menara Gereja, merupakan kota keempat terbesar di Belanda setelah Amsterdam, Den Haag dan Rotterdam. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Utrecht, sempatkanlah menyusuri pojok-pojok kota yang indah nan bersejarah ini.

Lebih mengasyikan bila ditempuh dengan bersepeda sambil menikmati panorama alam dan segarnya udara pedesaan khas Belanda. Bersepeda di kota ini sangat nyaman dan aman, karena tersedia jalur khusus untuk pesepeda.

Ada beberapa destinasi wisata yang sayang bila dilewatkan ketika kita sedang berada di Kota Utrecht. Pertama tentu saja salah satu objek wisata terkenal sekaligus landmark Kota Utrecht, yaitu Domtoren.

Domtoren Utrecht dulu adalah bagian Katedral Utrecht yang didirikan tahun 1254. Namun pada tahun 1674 tornado menghancurkan sebagian bangunan, sekaligus memisahkan bangunan Katedral dan Dom Toren. Sekarang kedua bangunan tersebut terpisahkan oleh Domplein (Taman Dom).

Menara Dom memiliki tinggi 112 m dengan sekitar 465 anak tangga. Domtoren merupakan menara paling tinggi yang terletak di pusat Kota Utrecht. Tujuan lain yang tak kalah menarik adalah Kastil de Haar. Tempatnya di dekat Haarzuilens.

Diperkirakan kastil ini sudah berdiri sejak tahun 1391. Pendiri kastil adalah Baron van Zuylen. Kastil kemudian direstorasi dari tahun 1892-1907 oleh arsitek Belanda yang bernama Pierre Cuypers. Penyandang dana proyek restorasi neo-Gothik ini adalah keluarga Rothschild yang kaya raya.

Keluarga Rothschild masuk silsilah pemilik kastil karena perkawinan. Baroness Helena de Rothschild menikah dengan salah satu keturunan Baron van Zuylen. Selanjutnya kita bisa mengunjungi Huis Doorn. Setelah kekalahan Jerman pada PD I berdampak hilangnya kekuasaan Kaisar Wilhelm II atas rakyatnya sendiri, sehingga dia beserta keluarga harus mengungsi dari Postdam di Jerman ke Doorn di Belanda. Huis Doorn inilah yang menjadi kediamannya sampai kelak dia wafat.

Kemudian bersepeda mengunjungi Pyramide van Austerlitz juga akan menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan ketika berada di Utrecht. Ini dibangun sekitar tahun 1804.

Salah satu tujuan wisata sejarah lainnya di Utrecht, yaitu Benteng Romawi De Grens van Het Romeinse Rijk. Benteng pertahanan itu dibangun sekitar abad ke-3 dan ditemukan kembali reruntuhan bentengnya pada abad ke-15 oleh Adriaan de Jonghe.

Utrecht merupakan kota Keuskupan dan kota paling penting di Belanda pada masa kekaisaran Romawi. Hal ini dimungkinkan karena posisi Utrecht yg berada di tengah-tengah wilayah Kerajaan Belanda.

Tempat-tempat di atas adalah beberapa lokasi wisata yang asyik bila ditempuh dengan bersepeda. Masih banyak tujuan wisata lainnya yang bisa ditempuh dengan hanya berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum di sekitar pusat kota, seperti beberapa museum, bangunan-bangunan kuno, kanal-kanal tua dan lain sebagainya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED