Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Apr 2019 07:59 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Tempat Nongkrong Paling Kekinian di Banyuwangi

Tommy Bernadus
d'travelers
Foto 1 dari 5
Banyuwangi Traditional Market di Banyuwangi
Banyuwangi Traditional Market di Banyuwangi
detikTravel Community - Pasar tradisional identik dengan becek dan kumuh, tapi tidak di Banyuwangi. Banyuwangi Traditional Market malah jadi tempat nongkrong paling kekinian di sana.

Pemerintah mulai mempercantik pasar. Tengok saja, Pasar Jaya di Jakarta dan juga beberapa pasar tradisional di beberapa daerah. Sudah direnovasi. Namun, bangunannya masih seperti bangunan pada umumnya.

Tapi di Banyuwangi ini, berbeda. Setelah tiga hari berpetualang di Surabaya, Pasuruan, Situbondo dan Bondowoso, saya dan rombongan Safari Kebangsaan VI Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya tiba di Kabupaten Banyuwangi.

Kabupaten Banyuwangi ini merupakan tujuan terakhir kami, sebelum kembaii ke Jakarta. Dan ketika di Banyuwangi ini, saya dan rombongan diajak untuk melihat Pasar Tradisional Banyuwangi yang direnovasi oleh Pemkab Banyuwangi di Era Bupati Abdullah Azwar Anas. Biar tidak mengetik panjang lebar, saya menulisnya Bupati Anas saja.

Kami berkunjung ke Pasar Tradisional ini setelah menengok Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi dan juga menyantap Soto. Pasar Tradisional Banyuwangi ini letaknya tidak berjauhan dengan Mal Pelayanan Publik Banyuwangi. Masuk ke Pasar Tradisional Banyuwangi ini, pemandangan langsung lain.

Memang banyak toko tua yang berjejer di pinggir jalan. Pasar Tradisional Banyuwangi ini, agak ke dalam. Dan ketika masuk, kita langsung menemukan pasarnya dan sudah bertuliskan Pasar Tradisional Banyuwangi.

Nuansa tradisional sangat terasa karena pada bagian atap, ada ukiran kayu. Masuk ke dalam, berderet, kios-kios yang menjajakan beragam kuliner. Ada makanan dan minuman. Oh ternyata Pasar Tradisional ini dirancang untuk tempat nongkrong. Unik dan keren nih!

Ada lebih dari 30 kios yang berjejer. Kios-kios ini sangat unik karena bagian depannya ada kayu ukiran. Bahkan pintu kios ini terbuat dari kayu yang diukir. Inovatif memang Bupati Banyuwangi ini.

Kalau biasanya pintu terbuat dari besi, rolling door atau pintu lipat, ini terbuat dari kayu. Bagian tempat duduk dan meja makan juga kursi atau bangku dan meja dengan nuansa kayu berwarna coklat. Kesan modern dan tradisional berpadu dengan indah.

Banyuwangi memang terus berinovasi. Pasar Tradisional ini salah satunya. Dan bukan dibuat atau dipercantik dengan bangunan baru yang modern. Kalau pembaca ingin jalan-jalan ke Banyuwangi, jangan lupa mampir ke pasar tradisional ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED