Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Mar 2019 13:53 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Penat? Coba Main ke Kampung Budaya Pandan Wangi Nan Asri

Tommy Bernadus
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kampung Budaya Padi Pandan Wangi di Cianjur
Kampung Budaya Padi Pandan Wangi di Cianjur
detikTravel Community - Cianjur memang terkenal dengan produksi berasnya. Nah, di Desa Mekarwangi ada kampung budaya dengan pemandangan asri dan persawahan khas Cianjur.

Ini adalah Kampung Budaya Padi Pandan Wangi di Kabupaten Cianjur. Saya tidak menyangka akan berkunjung ke sini.

Saya tiba sudah sore hari di Kampung Budaya Padi Pandan Wangi. Oiya, Kampung Budaya Pandan Wangi ini berada di Desa Mekarwangi, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Masuk ke dalam kampung budaya ini, berderet beberapa rumah panggung. Entah tempat buat menginap atau ini semacam kantor pengelola. Saya tidak tahu persis, tapi bangunanya sangat tradisional.

Ada juga aula yang juga didesain tradisional, masih berbentuk rumah panggung juga. Di aula inilah menjadi tempat pertemuan dan dialog dengan warga.

Dari aula ini, ada tangga untuk menapaki bukit dan persawahan. Setelah menapaki tangga ini, terhamparlah pemandangan persawahan dan pegunungan. Sebuah landscape yang sangat indah dan menyejukkan mata.

Area Kampung Budaya Padi Pandan Wangi ini didominiasi oleh persawahan. Ketika saya kunjungi padinya belum masih hijau. Di Kampung Pandan Wangi ini juga ada semacam jembatan atau panggung yang dibuat untuk menjadi tempat berfoto.

Kalau kita berada di panggung ini, kita bisa berfoto dengan latar belakang alam perbukitan dan gunung. Tidak hanya sawah saja, ada juga beberapa rumah tradisional.

Ini sepertinya menjadi tempat menginap. Memang betul-betul dibuat tradisional. Kebayang menginap disini dengan udara sejuk ditambah juga pemandangan hijau. Selain rumah, saya juga melihat ada lumbung padi yang bentuknya masih asli dan benar-benar tradisional.

Jumlahnya bukan hanya satu saja, namun lebih. Tapi yang menarik adalah sebuah lumbung yang berada di tengah sawah dengan latar belakang gunung. Alam Indonesia memang Indah.

Di Kampung Budaya ini, ternyata padi yang ditanam adalah varietas padi yang memang asli dari cianjur yaitu Pandan Wangi. Kampung ini memang didesain sebagai lokasi wisata, juga untuk tempat budidaya Padi Pandan Wangi.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED