Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Mar 2019 13:04 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kazan Cathedral, Gereja Megah di St Petersburg Rusia

titry frilyani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Puluhan tiang megah yang menopang katedral
Puluhan tiang megah yang menopang katedral
detikTravel Community - Rusia memiliki aneka sudut unik dan menarik. Salah satunya adalah Gereja Kazan Cathredal, yang berada di St Petersburg.

Kazan Cathedral tidak hanya ada di kota Moskow, Rusia, tapi St Petersburg yang merupakan salah satu kota tercantik di dunia pun memiliki katedral dengan nama yang sama. Meskipun memiliki kesamaan nama, namun kedua katedral ini memiliki bentuk yang sangat berbeda.


Gereja ortodoks yang juga dikenal dengan Cathedral Our Lady of Kazan didirikan pada tahun 1801 hingga 1811 dengan Andrei Voronikhin sebagai arsiteknya. Katedral ini dibangun terinspirasi dari St Basil Cathedral di Vatican. Hal ini terlihat dari 56 tiang granit merah besar dan lantai dengan marmer mosaik yang membuat katedral tampak megah seperti istana. Berbeda dengan Kazan Cathedral di Moskow yang berukuran mungil.


Dari luar katedral, puluhan tiang megah yang menopang bangunan ini membuat kita merasa berada di sebuah istana.
Setelah perang pada tahun 1812 (saat Napoleon kalah), Kazan Cathedral dijadikan sebagai monumen kemenangan Rusia. Dan Mikhail Kutuzov, panglima tertinggi Rusia yang terkenal juga dimakamkan di katedral ini. Sebelum pergi berperang, beliau sempat mengunjungi misa yang diadakan di katedral dan berdoa untuk keselamatan Rusia.


Di halaman depan katedral berdiri dua buah patung perunggu yaitu patung Mikhail Kutuzov dan Barclay de Tolley yang didesain oleh Boris Orlovsky pada tahun 1837. De Tolley juga dikenal sebagai pahlawan di perang 1812.


Meskipun didominasi warna gelap seperti pada umumnya gereja orthodox, interior katedral dihiasi oleh mural dan ikon yang dibuat oleh seniman-seniman Rusia terbaik di tahun itu.


Terletak di jalan utama St Petersburg yaitu Nevsky Prospekt, katedral ini begitu memikat mata terutama di waktu malam dengan kilauan cahayanya. Dengan taman kecil dan air mancur yang terletak di depannya, tak salah jika katedral ini terlihat bak istana.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED