Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Feb 2019 13:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kuil Arulmigu, Kuil Kaca Cantik dari Malaysia

Foto 1 dari 5
Salah satu patung dewa di samping pintu masuk Kuil
Salah satu patung dewa di samping pintu masuk Kuil
detikTravel Community - Malaysia, tepatnya di Johor Baru terdapat kuil cantik tidak biasa. Kuil ini dibangun dari kaca dan satu-satunya di Malaysia. Seperti apa ya?

Seperti halnya yang saya lakukan belum lama ini. Dengan waktu yang terbatas, pilihan saya untuk traveling jatuh ke negara tetangga kita Malaysia. Langsung buka aplikasi tiket.com di ponsel, cari tiket pesawat. Dan pas nya pula, tiket.com selalu punya promo yang menarik untuk pembelian tiket pesawat baik domestik maupun international.

Waktu yang terbatas, kadang membuat kita sedikit berpikir ketika hendak melakukan perjalanan. Tapi saat ini, segala urusan pencarian dan pemesanan tiket pesawat sangat mudah dengan menggunakan aplikasi tiket.com. Kapanpun kita punya waktu, kita tinggal cari moda transportasi yang dibutuhkan, check harga dan pilihan maskapai,langsung klik proses.

Tiket sudah beres, baru saya mencari tujuan wisatanya. Dan saya putuskan untuk berkunjung ke wilayah Johor Baru, Malaysia.  Kenapa saya pilih Malaysia, karena tidak terlalu jauh, tidak butuh waktu lama untuk bisa berkunjung kesana, dan dengan mencari di tiket.com, kita bisa menemukan banyak pilihan jenis maskapai penerbangan dengan tujuan ke Malaysia.

Dan ternyata di sana saya menemukan destinasi wisata yang unik menurut saya. Ternyata di Johor Baru, Malaysia, terdapat sebuahKuil atau temple buat pemeluk agama Hindu yang terbuat dari kaca. Arulmigu Sri Raja Kaliamman Glass Temple namanya. Ini adalah kuil kaca pertama dan satu-satunya di Malaysia.

Biasanya Kuil itu adalah bangunan yang terbuat dari batu, tapi untuk satu kuil ini, uniknya semua bagian bangunannya dilapis oleh kaca. Sehingga dari jauh bangunan ini sudah kelihatan karena pantulan kaca yang terkena sinar matahari.

Berdasar informasi yang saya dapat, kuil ini adalah kuil Hindu tertua di Johor Baru. Dibangun ulang mulai tahun 1991 dan resmi dibuka pada tahun 1996. Saat itu bangunan kuil tersebut masih berupa bangunan biasa. Kemudian ketika pimpinan Pendeta Hindu sedang melakukan perjalanan ke Thailand, dia melihat sebuah kuil yang terbuat dari kaca. Dan kemudian setelah dia kembali ke Johor, dia berniat untuk memugar kuil yang dia kelola dan pimpin dengan menggunakan kaca juga dengan tujuan agar lebih banyak orang yang datang.

Pelapisan bangunan dengan potongan kaca berwarna warni ini dimulai pada tahun 2008, dan selesai di tahun 2009. Dibutuhkan kurang lebih 300.000 potongan kaca berwarna merah, kuning, hijau, biru, ungu dan putih untuk mebuat mosaik pada 90% bangunan.

Untuk mencapai lokasi kuil ini sangat mudah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Terminal Bus Johor Baru. Dari Jalan Raya Tun Abdul Razak, keluar ke jalan kecil, ikuti saja jalan itu hingga tiba persis di depan kuil.

Hari gini, masih bingung cari tiket? ya klik saja tiket.com, mudah, cepat dan nggak pake ribet, saya bisa melakukan perjalanan dan menemukan destinasi unik. Di Tiket.com, semua ada tiketnya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA