Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Mar 2019 14:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ada Gua Amat Besar di Nusa Penida, Tahu?

A. Maulana Nugraha
d'travelers
Foto 1 dari 5
Indahnya Gua Giri Putri ini.
Indahnya Gua Giri Putri ini.
detikTravel Community - Nusa penida dikenal dengan keindahan pantai yang berlatar belakang tebing tebing tinggi yang menjulang. Nah, ada yang lain yakni gua ini, tahu?

Jika sedang berwisata di Nusa Penida tidak ada salahnya pergi berkunjung ke salah satu Gua Giri Putri. Gua ini salah satu pura di mana kegiatan agama umat Hindu berada, keunikannya ada pintu yang kecil memiliki lebar 80 centimeter saja. Jadi traveler yang berkunjung harus menunduk atau jongkok. Tapi di dalamnya sangat besar dan bisa menampung sebanyak 5000 orang.

Dari Informasi gua yang terpampang di depan, Pura Gua Giri Putri berasal dari kata Giri yang berarti bukit atau gunung, sedangkan kata Putri yang berarti wanita. Dalam ajaran agama Hindu, putri adalah bentuk simbolis dari kekuatan dewa, karna gua suci ini merupakan tempat pemujaan Siwa. Berupa manifestasi dewa yang bersifat merawat, melindungi serta mencintai manusia sehingga nama Giri Putri disematkan untuk namanya.

Pura Suci Gua Giri Putri di Nusa penida ini mungkin sama halnya dengan pura lain di Denpasar, akan tetapi yang unik dari pura ini adalah letaknya yang mungkin tidak semua pura miliki. Tempat ibadah umat Hindu ini memang tidak pernah sepi dari pengunjung, hal tersebut bisa dilihat dari berbagai sarana yang sudah lengkap.

Lokasi Goa Giri Putri terletak di Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Bali. Traveler bisa menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit perjalanan ke arah timur dari Pelabuhan Sampalan Nusa Penida.

Goa Giri Putri merupakan goa yang terdiri dari stalaktit dan stalakmit yang indah. Gua ini terletak di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut dan memiliki panjang sekitar 310 meter.

Sesampainya di lokasi traveler yang berencana masuk wajib menggunakan kain kalau berkunjung ke pura di Bali pada umumnya. Setelah dari itu traveler disambut oleh anak tangga yang mengakses menuju ke pintu masuk Gua Giri ini, banyaknya anak tangga itu sebanyak 110 anak tangga, setibanya di atas traveler pasti bertemu dengan pemuka agama yang sedang berjaga di pintu masuk.

Traveler wajib mengisi di buku tamu dan masukan beberapa uang ke kotak yang telah disediakan. Di pintu masuk juga traveler bisa menemukan beberapa orang yang sedang berdoa dan kita pun diciprati air ke wajah.

Jika berkunjung di Nusa Penida mampirlah ke sini. Bagi yang tertarik saatnya rencanakan liburan kalian bersama tiket.com, karena #semuaadatiketnya mulai dari tiket pesawat, kendaraan serta penginapan sudah tersedia di sini.

Caranya sangat mudah dan gampang diakses di mana saja. Cocok bagi milenial ini dengan harga yang terjangkau juga banyak promo menarik yang bikin saya makin betah menggunakan aplikasi tiket.com ini, karna semua ada tiketnya. Mau kemana? Ke manapun tiket.com saja.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA