Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Mar 2019 12:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sudah Tahu? Ada 'Harta Karun' Tenggelam di Jakarta

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Marine Herritage Gallery terletak di Gedung Mina Bahari IV, Kementerian Kelautan dan Perikanan
Marine Herritage Gallery terletak di Gedung Mina Bahari IV, Kementerian Kelautan dan Perikanan
detikTravel Community - Memangnya benar, ada harta karun di Indonesia? Coba deh ke Marine Heritage Gallery di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ada jejak harta karun yang tenggelam di sana.a

Traveler mungkin pernah membaca komik atau menonton film mengenai harta karun yang terpendam di dasar laut dan membayangkan untuk menyelam ke dasar laut dan mengumpulkan harta karun yang berharga dari dasar lautan.

Namun, tidak perlu repot dan bersusah payah untuk menyelam ke dasar lautan untuk mencari harta karun, sebab aneka benda berharga dari kapal yang tenggelam di dasar laut, kini bisa kita lihat secara langsung di Marine Herritage Gallery.

Marine Herritage Gallery berlokasi di Gedung Mina Bahari IV Lantai 2, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Untuk masuk ke dalamnya tidak dipungut biaya, namun kita diminta untuk mengisi buku tamu.

Di Marine Herritage Gallery, kita bisa menikmati berbagai artefak yang berasal dari Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) yang diangkat dari perairan Belitung, Cirebon dan Pulau Buaya. Rata-rata artefak di gallery ini berasal dari abad ke 9-12 Masehi.

Gallery yang di resmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti pada tanggal 13 Maret 2017 lalu memiliki total koleksi sebanyak 2500 item barang muatan kapal tenggelam. Namun sesungguhnya masih banyak benda yang belum dipamerkan karena keterbatasan ruangan.

Yang cukup menarik, gallery ini cukup ramah anak, sebab di salah satu pojok gallery, terdapat kids corner yang menyediakan permainan semacam ular tangga berukuran besar. Sambil bermain, si kecil juga mendapat edukasi mengenai proses pengangkatan barang muatan kapal tenggelam, sampai sejarah singkatnya.

Koleksi yang tersaji di gallery ini ditampilkan secara menarik dan informatif. Sungguh sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan mengenai sejarah dari berbagai benda yang berasal dari muatan kapal yang tenggelam di perairan Indonesia

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED