Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Mei 2019 15:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Merasakan Sehari Jadi Ranger Taman Nasional di Negeri Paman Sam

andreasyudha4
d'travelers
Foto 1 dari 5
Salah satu lokasi pengamatan (overlook) di Yosemite NP. Pemandangan puncak batuan granit
Salah satu lokasi pengamatan (overlook) di Yosemite NP. Pemandangan puncak batuan granit
detikTravel Community - Berwisata di Negeri Paman Sam Amerika Serikat, traveler bisa merasakan sensasi sehari jadi ranger Taman Nasional di sana. Dijamin seru!

Sebagai salah satu tujuan wisata, Amerika Serikat menawarkan ragam variasi wisata mulai dari wisata kota-kota untuk melihat modernisasi kota-kota besarnya hingga semaraknya wahana wisata 'Theme Park' seperti Disneyland, Universal Studio, dan Legoland.

Selain itu, Amerika Serikat menawarkan juga wisata alam yang dikemas dalam bentuk National Park (NP). National Park (NP) didefinisikan sebagai wilayah yang mempunyai nilai historis dan atau mempunyai keindahan bentang alam, keunikan alam dan keanekaragaman hayati yang penting sehingga perlu dijaga kelestariannya; biasanya pengelolaannya dipegang langsung oleh pemerintah federal (bukan pemerintah negara bagian) atas persetujuan kongres.

Menurut buku National Geographic yang berjudul 'Guide to National Park of the United States', edisi ke-8, yang diterbitkan di tahun 2016, Amerika Serikat mempunyai 59 NP di seantero negeri.

National Park merupakan tempat pelarian yang sempurna dari kemacetan dan kebisingan kota-kota besar dimana para pengunjung bisa melakukan berbagai macam kegiatan alam seperti hiking, panjat tebing, 'wild life photography', mendayung sampan (canoeing-kayaking) hingga camping.

Bagi para pengunjung yang tidak suka kegiatan semacam di atas dan hanya ingin sekedar menikmati udara segar dan indahnya pemandangan alam, NP juga menyediakan lokasi-lokasi pengamatan (overlook) di sekitaran area NP.

Biasanya untuk masuk area NP, pengunjung akan dikenakan biaya masuk. Biaya masuknya bisa dipilih tiket sekali kunjungan yang berlaku untuk keluar masuk NP selama 7 hari berturut-turut, atau bisa membeli tiket tahunan, yang berlaku di seluruh NP di Amerika Serikat.

Di setiap NP, biasanya ada sedikitnya 1 Visitor Center yang dikelola oleh para Ranger (kalau di Indonesia, disebut sebagai Jagawana). Di dalam Visitor Center tersebut tersedia semua informasi mengenai NP, misalnya lokasi-lokasi overlook, program-program Ranger, kondisi jalan, informasi perkiraan cuaca dan sebagainya.

Untuk beberapa kegiatan outdoor (biasanya yang beresiko), pengunjung juga harus mendapatkan ijin (permit) dari para Ranger. Di visitor center juga dijual buku-buku, berbagai macam souvenir dan peralatan outdoor sederhana.

Untuk menambah daya tarik pengunjung, NP mempunyai program-program yang dipandu oleh para Ranger dimana pengunjung akan diberikan penjelasan tentang sejarah dan keunikan NP. Kadang programnya dikemas dalam bentuk outbond singkat namun menarik. Umumnya program tersebut menyasar pengunjung dewasa, namun ada juga NP yang menawarkan program Junior Ranger untuk anak-anak usia 3 tahun hingga remaja.

Program Junior Ranger bertujuan untuk menumbuhkan rasa kecintaan dan kepedulian akan kelestarian alam dari sejak usia anak-anak hingga remaja. Program ini biasanya  meliputi beberapa kegiatan berupa  pengamatan alam, menonton video NP berdurasi 20-30 menit hingga kegiatan fisik ringan (hiking atau hanya sekedar aksi bersih sampah).

Para pengunjung remaja biasanya diberikan buku panduan yang berisi kegiatan apa saja yang harus dilakukan untuk menyelesaikan program Junior Ranger. Kesulitan dan ragam kegiatannya pun disesuaikan dengan usia pengunjung remaja.

Lokasi kegiatan pun bisa hanya dilakukan di sekitar area Visitor Center, namun ada juga yang memerlukan untuk mengunjungi area lain di sekitar area NP. Jika semua kegiatan di dalam panduan sudah dilengkapi, buku tersebut diserahkan kembali kepada ranger yang bertugas.

Jika dinyatakan belum lengkap atau masih ada yang kurang sesuai, biasanya pengunjung remaja akan diminta melengkapi lagi. Namun jika sudah lengkap dan semua jawaban benar,  maka anak-anak kemudian akan diberikan lencana Junior Ranger.

Pemberian lencana ini akan selalu diikuti ritual pelantikan dengan prosesi pengucapan sumpah Junior Ranger untuk selalu aktif menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Seru!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED