Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Mei 2019 06:21 WIB

D'TRAVELERS STORIES

7 Hal yang Mesti Dicoba di Vietnam

Mega Caesaria
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kalau penampakannya begini, siapa yang bisa nolak?
Kalau penampakannya begini, siapa yang bisa nolak?
detikTravel Community - Negara di Asia Tenggara yang mesti dikunjungi wisatawan Indonesia adalah Vietnam. Ada 7 hal yang mesti dicoba di sana.

Melintang dari utara ke selatan, berbagai aktivitas dapat kamu lakukan di negara yang penuh sejarah ini. Mulai dari makan pho, mengirim kartu pos belajar sejarah, sampai main ATV di gurun.

1. Makan Pho hangat

Siapa yang bisa menolak semangkuk mie hangat dengan kuah kaldu yang menggoda? Pho adalah hidangan kebanggaan rakyat Vietnam yang dapat ditemui baik di area turis atau gang-gang kecil.

Mie putih yang terbuat dari tepung beras ini berkuah kaldu dan disajikan dengan irisan daging sapi atau ayam. Uniknya, karakteristik Pho di Vietnam selatan berbeda dengan pho di Vietnam utara. Di selatan, Ho Chi Minh, Na Thrang dan sekitarnya, kuah Pho dibuat kental dan rasanya lebih kuat. Ketika disajikan, ada berbagai sayuran seperti thai basil, tauge besar, dan cabai potong. Kalau di Vietnam utara, kuah pho cenderung lebih polos dan tidak banyak makanan pendamping. Salah satu restoran yang punya pho terbaik di Vietnam adalah Quan An Ngon.

2. Belajar sejarah di War Remnant Museum

Sejarah adalah salah satu yang membuat Vietnam begitu istimewa. Untuk belajar tentang masa lalu Vietnam, datanglah ke War Remnant Museum di Ho Chi Minh.

Museum besar ini menyimpan koleksi berupa senjata dan artileri, diorama, serta lukisan-lukisan yang menggambarkan situasi selama Perang Vietnam. Tak hanya seputar Perang Vietnam, sisa-sisa penjajahan Perancis juga dapat dilihat di museum ini. Untuk pengunjung, ada arena tembak yang bisa kamu coba untuk menguji akurasi.

3. Minum Es Kopi sepanjang hari

Di Vietnam, kopi adalah minuman kesukaan banyak orang. Mau pagi, siang, sore, atau malam, tidak ada waktu yang salah untuk minum kopi. Bagi yang tidak biasa minum kopi, Vietnam punya kopi dengan kadar asam rendah sehingga ramah lambung.

Di pinggir jalan, banyak kedai kopi yang buka sejak pagi. Kopi-kopi ini dijual di dalam gelas plastik, dengan campuran kopi pekat, susu kental manis, es, dan rum. Tambahan rum ini menciptakan harum dan rasa yang autentik di kopi Vietnam. Harganya juga murah, hanya sekitar Rp 10 ribu per gelas. Pokoknya, kopi Vietnam itu terbaik!

4. Kirim kartu pos

Di Ho Chi Minh, ada satu landmark yang tidak mungkin terlewatkan, yaitu Saigon Central Post Office. Bangunan yang dirancang oleh Gustave Eiffel ini dibuat mirip dengan stasiun kereta api Eropa. Datanglah ke kantor pos ini, kagumi interiornya, dan kirim kartu pos untuk teman-teman dan keluarga. Di kantor pos ini, kamu juga bisa membeli suvenir.

5. Tur ke gurun dengan 4WD

Setelah puas keliling Ho Chi Minh, mari menuju ke Mui Ne. Daerah ini adalah tempat untuk memacu adrenalin di gurun. Ada dua gurun di Mui Ne, White Sand Dunes dan Red Sand Dunes. Kedua gurun ini hanya dapat dicapai menggunakan kendaraan 4WD.

White Sand Dunes bagus dikunjungi siang hari karena cahaya matahari akan membuat pasirnya tampak putih berkilauan. Di sana juga terdapat penyewaan ATV untuk bermain di sekitar gurun. Salah satu obyek foto menarik di White Sand Dunes adalah oase besar yang berada di tengah gurun. Kalau Red Sand Dunes bagus dikunjungi untuk menikmati sunset dan sandboarding. Ketika matahari tenggelam, padang pasir akan berwarna kemerahan dan memberi efek dramatis.

6. Berjemur di Pantai Nha Trang

Selamat datang di surganya pantai di Vietnam. Nha Trang punya garis pantai sepanjang 6 kilometer dengan pasir berwarna keemasan. Pantainya bersih dan tertata rapi. Air laut berwarna turquoise juga menjadi daya tarik tersendiri pantai Nha Trang. Selain pantai, di Nha Trang juga ada taman rekreasi yang menyenangkan dikunjungi bersama anak-anak.

7. Menelusuri gua di Halong Bay

Sebagai tujuan wisata utama di Vietnam bagian utara, Halong Bay ramai dikunjungi sepanjang tahun. Tersedia pilihan tur pulang pergi atau menginap satu malam di Halong Bay. Kalau memilih tur 2 hari, kamu akan diajak bermalam di sebuah cruise. Untuk menelusuri gua tersembunyi dan pulau-pulau kecil di Halong Bay, ada dua cara yaitu naik sampan bersama rombongan atau mendayung sendiri kayakmu.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Potret Danau Terjernih di Dunia

Selasa, 25 Jun 2019 16:45 WIB

Danau di Selandia Baru ini tak hanya cantik, namun juga berair jernih. Dengan mata telanjang, pandangan kita bisa melihat sampai berpuluh meter ke dasar danau.