Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Apr 2019 11:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Posong, Nuansa Alam Hijau dari Temanggung

Uzi Sofyan
d'travelers
Foto 2 dari 3
Foto dengan Background Gunung Sumbing
Foto dengan Background Gunung Sumbing
detikTravel Community -

Mau naik gunung long weekend ini, tapi tak mau repot? Kamu bisa mampir ke wisata alam Posong di Temanggung yang ada di bawah kaki Gunung Sindoro.

Konon nama Posong memiliki arti "pos kosong". Menurut cerita rakyat, pos kosong memang sengaja dibangun oleh Pangeran Diponegoro saat zaman penjajahan Belanda. Pembangunan pos ini bertujuan memancing lawan untuk melakukan penyerangan pada pos yang ternyata kosong.

Untuk mencapai wisata ini, kalian langsung saja menuju Desa Tlahab, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Kalau kalian dari arah Wonosobo, gapura ada di sebelah kiri jalan. Tetapi jika kalian dari arah Magelang, gapura ada di kanan jalan. Gapura yang bertulisan obyek wisata Posong yang tepat di pinggir jalan.

Sehabis memasuki gapura, kalian akan menjumpai loket masuk, yang diharuskan kalian untuk membayar, HTM sebesar 10.000. Dari loket ke lokasi utama memang lumayan jauh, dengan akses jalan berbatu dan selama perjalanan akan ditemani oleh tanaman-tanaman tembakau dan kopi.

Sesampai di lokasi utama, rasa lelah kalian akan terbayar oleh eloknya pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Di atas sana terdapat taman, jika kalian ingin memasuki taman tersebut, kalian perlu mengeluarkan uang sebesar 10.000 lagi. Jika kalian ingin berburu Golden Sunrise, ada baiknya kalian sampai di gerbang tiket sekitar pukul 04.00 WIB. Pastikan kalian memakai jaket yang tebal, karena disana berhawa dingin.

Dan jangan khawatir jika kalian tidak membawa logistik yang cukup, karena disana lengkap, seperti warung gorengan, warung kopi, dan warung bakso, serta terdapat fasilitas yang lengkap juga, seperti mushola, kamar mandi umum maupun toilet.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA