Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Mei 2019 15:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Rumah Teletubbies, Bangunan Unik Anti Gempa di Yogya

Brigida Emi Lilia
d'travelers
Foto 1 dari 5
Komplek rumah dome yang kini menjadi desa wisata.
Komplek rumah dome yang kini menjadi desa wisata.
detikTravel Community - Inilah bangunan anti gempa yang unik di Yogyakarta. Berbentuk seperti rumah teletubbies, lokasinya di Desa Sumberharjo, Kabupaten Sleman. Seperti apa ya?

Memasuki Desa wisata ini pengunjung akan disambut dengan bentuk rumah yang unik. Bentuknya setengah lingkaran dengan warna cera , rumah ini disebut dome yang dibangun pada tahun 2007 oleh lembaga donatur untuk membantu korban bencana gempa bumi yang terjadi pada tahun 2006 yang lalu.

Sejak tahun 2009, komplek perumahan dome ini menjadi desa wisata. Komplek ini merupakan relokasi dari keluarga-keluarga yang kehilangan tempat tinggal. Rumah dome sendiri di bangun di sini karena lokasi ini masuk dalam garis imajiner saluran gempa yang membelah Pulau Jawa, sehingga dengan dibangunnya rumah dome yang tahan gempa warga yang tinggal di sini diharapkan aman dari bencana gempa bumi .

Komplek rumah dome sendiri terdiri dari sekitar 80 rumah dome dengan 71 rumah merupakan tempat tinggal sedang sisanya sebagai fasiltas umum seperti kamar mandi, masjid, balai pertemuan, galeri dan pusat kesehatan desa. Rumah dome sendiri mempunya garis tengah sepanjang 7 meter, dengan 4 ruangan yaitu 2 kamar tidur, kamar tamu dan dapur. Sementara kamar mandi, berada terpisah sehingga penggunaan kamar mandi dipakai secara bersama-sama oleh beberapa pemilik rumah.

Rumah dome ini memiliki loteng yang bisa digunakan untuk tidur atau berkumpul. Saat memasuki rumah dome ukurannya memang relatif kecil yaitu luas bangunan hanya sekitar 38 meter persegi, dan meski dilengkapi dengan jendela tetapi masih terasa panas.

Di komplek rumah dome ini terdapat sekretariat, tempat pengunjung biasanya lapor dan memperoleh informasi seputar rumah dome. Petugas yang ada di sini pun cukup informatif dan mempersilahkan pengunjung untuk melihat kondisi bagian dalam rumah dome.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ternate, Secuil Surga di Maluku

Rabu, 26 Jun 2019 10:50 WIB

Ternate, sebuah kota di pulau kecil di timur Indonesia mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Pantai, danau, gunung semua lengkap dan indah!