Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Mei 2019 12:06 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Meriahnya Kota Amsterdam Rayakan King's Day

Eko Rahmadian
d'travelers
Foto 1 dari 5
Ratusan boat penuhi kanal utama kota Amsterdam
Ratusan boat penuhi kanal utama kota Amsterdam
detikTravel Community - Setiap tanggal 27 April, Negeri Kincir Angin merayakan King's Day. Inilah parade dan festival untuk merayakan ulang tahun raja dan dijadikan libur nasional.

Cuaca kota Amsterdam pada Sabtu pagi (27/04) bisa dibilang kurang bersahabat, sesuai prakiraan cuaca beberapa hari sebelumnya. Hujan deras di pagi hari, dan berangin di sore hari. Namun kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat warga kota Amsterdam dan para turis untuk merayakan King's Day atau Koningsdag dalam Bahasa Belanda yang dirayakan untuk merayakan hari lahir Raja Belanda, Willem Alexander, yang menggantikan posisi Ibunya, Ratu Beatrix sejak 30 April 2013.

Tidak hanya kota Amsterdam yang merayakan hari Raja, melainkan seluruh kota di Belanda. Hari Raja ditetapkan sebagai hari libur nasional. Warna oranye menyelimuti seantero negeri, sehingga pas jika sebutan Negeri van Oranje disematkan ke negara yang memiliki populasi 17,5 juta jiwa tersebut. Raja Willem Alexander sendiri bersama keluarganya kali ini memutuskan untuk berkunjung ke kota Amersfoort, sekitar 45 menit perjalanan dari Amsterdam untuk menemui para warga. Kota yang dikunjungi Raja selalu berganti setiap tahunnya. Di Amsterdam, seluruh warga dan juga turis tumpah ruah ke jalan-jalan, berpesta di tiap-tiap sudut kota, musik dimana-mana. Dan yang paling menarik adalah, kanal-kanal utama kota Amsterdam dilalui oleh ratusan boat yang penuh penumpang baik tua maupun muda.

Hampir bisa dipastikan, boat-boat tersebut memutar musik yang cukup kencang hingga membuat siapapun yang mendengar ikut bergoyang atau paling tidak tertawa bersama. Sungguh menyenangkan. Tidak hanya pesta dimana-mana, banyak juga warga yang menggelar lapak dadakan di pinggir-pinggir jalan menjual berbagai macam makanan, pakaian, dan souvenir-suvenir antik baik baru maupun bekas.

Perayaan Hari Raja sejatinya dimulai pada 31 Agustus 1885, untuk merayakan ulang tahun ke-lima Putri Wilhelmina yang kemudian menjadi seorang Ratu sehingga Princess' Day berubah menjadi Queen's Day. Tradisi pun kemudian berlanjut hingga sekarang dan menjadi pesta rakyat dimana raja dan keluarganya merayakan bersama seluruh warga. Saya takjub melihat kecintaan warga terhadap rajanya, hingga rela menunggu berjam-jam untuk melihat kedatangan Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima tanpa mempedulikan buruknya kondisi cuaca pada hari itu.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED