Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Mei 2019 20:04 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Lawang Sewu: Sejarah & Mitos Tempat Ikonik di Semarang

Foto 1 dari 5
View menara lawang sewu
View menara lawang sewu
detikTravel Community - Atraksi sejarah di Semarang paling populer adalah Lawang Sewu. Bagaimana seluk beluk bangunan bersejarah ini?

Destinasi wisata lawang sewu sudah tidak asing lagi bagi warga Semarang mengingat tempat tersebut merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang menjadi saksi pada masa penjajahan Indonesia.

Masa penjajahan Belanda banyak meninggalkan peninggalan peninggalan yang masih tersisa saat ini. Salah satunya adalah bangunan yang terletak di Semarang ini, yakni Lawang Sewu. Bangunan tua ini memiliki berjuta juta kisah didalamnya mulai dari sejarah penjajahan Indonesia hingga mitos mitos dari bangunan tua ini.

Nama lawang sewu, diambil dari bahasa jawa yang berarti "pintu seribu", namun sejatinya pintu yang terdapat di bangunan ini tidak benar benar seribu, melainkan 928 pintu. Kata sewu dalam penyebutanya hanyalah sebagai bentuk kiasan untuk banyaknya pintu.

Tempat ini menjadi destinasi wisata yang mengandung unsur edukasi setelah ditetapkanya menjadi museum yang terdapat banyak penjelasan sejarah terkait bangunan tua ini. Edy, salah seorang warga Semarang menjelaskan bahwa meski tergolong tua, bangunan ini sama sekali tidak berkurang kekokohannya, mengingat bangunan tersebut adalah peninggalan para penjajah Belanda yang tentu saja memang didesain dan dibangung dengan kokoh.

Lawang sewu bisa dibilang bangunan yang kokoh, yak arena memang bangunan itu dibangun sewaktu masa penjajahan dan difungsikan sebagai markas sekaligus penjara, maka dari itu bangunan ini sengaja dibangun dengan bahan bahan yang kokoh ujar Edy.

Tiket masuk di lawang sewu ini memberi harga khusus terhadap pengunjung berdasar usia, untuk kelas pelajar tentu mendapat porsi yang lebih murah yakni Rp 10.000 , sedang dewasa adalah Rp 15.000 keatas. Namun harga harga yang dipatok masih dalam batas wajar.

Apabila membahas tentang bangunan tua, maka akan erat kaitanya dengan cerita mitos mitos dunia lain yang merekat dalam lawang sewu ini. Lawang Sewu memiliki sejuta kisah sekaligus menjadi saksi bisu pada masa penjajahan Belanda dimana konon katanya banyak hal seram terjadi di lorong bawah tanah dari bangunan tua ini.

Namun terlepas dari itu semua, Lawang Sewu tetaplah destinasi wisata yang enjoy dikunjungi, selagi kita memang berniat untuk berkunjung dan belajar sejarah maka tidak ada salahnya mencoba mengunjungi bangunan tua ini. Selamat Berkunjung!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED