Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Mei 2019 16:02 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengenal Jepara Lebih Dekat Lewat Tenun Ikat Troso

Foto 1 dari 5
Tenun ikat Troso, Desa Troso, Jepara, Jawa Tengah
Tenun ikat Troso, Desa Troso, Jepara, Jawa Tengah
detikTravel Community - Tenun ikat troso atau kain ikat troso adalah kriya tenun Jepara tepatnya dari Desa Troso. Inilah salah satu warisan budaya dari Jepara. Tenun ikat troso berupa kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan ke dalam zat pewarna alami. Alat tenun yang dipakai adalah alat tenun bukan mesin.

01 Mei 2019, saya berkesempatan berkunjung dan melihat langsung proses pembuatan kain tenun torso. Beberapa pegawai terlihat sibuk menenun. Ada juga yg bertugas memintal benang atau menguraikan bergulung-gulung benang agar siap di tenun.

Sebelumnya tidak menyangka, rumah besar yg tampak seperti bangunan belum jadi ternyata di dalamnya banyak berjejer alat tenun manual dengan pengrajin yg sebagian besar adalah pria. Benang-benang yg sudah tersusun rapih di alat tenun selanjutnya akan menjadi lembaran kain dengan motif yg sangat indah. Saat itu saya sedang melihat pembuatan motif “Obamaâ€, nama motifnya memang terinspirasi dari presiden Obama yg lagi ngetop-ngetopnya saat menjabat menjadi presiden Amerika Serikat. Mungkin agar mudah diingat.

Kain-kain tenun ini akan di jual dalam bentuk lembaran sebagai bahan pakaian ada juga yg sudah dibuat sarung. Harga bervariasi, tergantung motif, bahan yg digunakan. Mulai dari 150rb sampai jutaan. Apalagi kain dengan pewarnaan dari bahan alam.

Puas melihat pembuatan tenun, saya langsung ke toko penjualan yg lokasinya tidak begitu jauh. Saya sempat kebingungan memilih tenun, karena semuanya bagus-bagus. Akhirnya saya memilih kain dengan motif simple dan warna ungu yg kalem, rencana ini akan saya hadiahkan untuk ibu saya, semoga beliau suka hehehe.

Oke, bagi sahabat traveler yg mau melihat langsung pembuatan tenun atau ingin memborong/ menambah kolesi kain tradisionalnya bisa langsung dating ke desa Troso, di Jepara, Jawa Tengah. Tidak terlalu jauh dari pusat kota Jepara, saya naik ojek online tarifnya Rp.30.000. Bisa juga naik angkot atau bus dari terminal angkutan Jepara. Oiya, jangan lupa siapkan cash yg banyak ya,,karena pasti khilaf ingin borong kain-kainnya. Hehehhe.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED